Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harapan Pemain Persib soal VAR di Championship Series Liga 1 2023-2024

Kompas.com - 13/05/2024, 18:30 WIB
Adil Nursalam,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknologi Video Assistant Referee (VAR) akan diberlakukan pertama kali di kompetisi Indonesia pada babak Championship Series Liga 1 2023-2024

Leg pertama semifinal Championship Series Liga 1 antara Bali United vs Persib pada Selasa (14/5/2024) di Lapangan Training Center Bali United, akan jadi partai perdana yang menandai beroperasinya VAR di kompetisi Indonesia.

Patut dinantikan bagaimana teknologi ini bisa berkontribusi banyak membantu keputusan wasit yang bertugas. 

Secara garis besar, ada empat insiden di lapangan yang bisa diintervensi oleh VAR, yakni gol atau tidak gol, penalti atau tidak penalti, kartu merah langsung, dan kesalahan identifikasi (misal wasit memberikan kartu kepada pemain yang salah dari tim pelanggar). 

Baca juga: Championship Series Liga 1: Fakta Head to Head Bali United Vs Persib

Nantinya akan ada 10 tambahan kamera khusus VAR, di luar kamera broadcasting untuk keperluan siaran langsung. 

Pengadil yang bertugas dalam satu pertandingan terdiri dari enam wasit plus dibantu replay operator (RO). 

Bek Persib asal Belanda, Nick Kuipers, menantikan penggunaan teknologi VAR di sepak bola Indonesia. 

Baca juga: Persib Vs Bali United, Kisah Marcos Flores dan Kutukan Maung Bandung

Nick Kuipers bek Persib Bandung dalam konferensi pers jelang laga Persib Bandung vs Persikabo 1973, Sabtu (16/9/2023) dalam pekan ke-12 Liga 1 2023-2024. KOMPAS.com/Adil Nursalam Nick Kuipers bek Persib Bandung dalam konferensi pers jelang laga Persib Bandung vs Persikabo 1973, Sabtu (16/9/2023) dalam pekan ke-12 Liga 1 2023-2024.

Berkaca kepada sepak bola Eropa yang sudah menerapkannya, banyak keputusan penting yang tidak terdeteksi wasit di lapangan, bisa ditangkap oleh VAR.

VAR bisa menjadi mata-mata tambahan yang membantu pengadil dalam menilai sebuah insiden permainan. 

“Menurut saya penggunaan VAR itu bagus untuk sepak bola Indonesia, seperti yang bisa dilihat di Eropa, ada banyak situasi penting yang diperiksa melalui VAR dan kebanyakan membantu wasit mengambil keputusan dengan tepat,” kata Kuipers. 

“Jadi saya rasa ini hal yang penting terutama pada laga final karena tentunya semua ingin menang di laga ini dan ini adalah pertandingan yang penting,” tuturnya. 

Baca juga: Championship Series Bali United Vs Persib, Menggugah Tren Buruk Maung

VAR dinilai Kuipers menjadi sebuah terobosan yang sangat positif dan akan membawa sepak bola Indonesia ke arah yang lebih baik. 

Kuipers berharap teknologi ini bisa dilanjutkan, demi kualitas pertandingan yang lebih bermutu dan keputusan yang lebih adil. 

“Jadi saya rasa hal positif dengan penggunaan VAR di sepak bola Indonesia dan saya harap mereka bisa terus melanjutkannya.”

“Sehingga pertandingan bisa lebih adil dan bersih, serta meningkatkan sepak bola Indonesia,” tutur pemain yang berkarier di Indonesia sejak 2019 itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com