Bayern Muenchen Merana, Thomas Tuchel Hengkang pada Akhir Musim

Kompas.com - 21/02/2024, 17:59 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Thomas Tuchel memberikan kepastian karier kepelatihannya di Bayern Muenchen, dirinya akan hengkang akhir musim ini pada 30 Juni 2024.

Kepastian kepergian Tuchel dikonfirmasi oleh pakar transfer sepak bola, yakni Fabrizio Romano melalui unggahan resmi di situs klub Bayern Muenchen.

Eks pelatih kepala Chelsea dan PSG ini akan hengkang lebih dini walau memiliki kontrak hingga 30 Juni 2025.

Keputusan tersebut datang sebagai bentuk kesepakatan dari sebuah diskusi antara dirinya dan CEO Bayern Muenchen Jan-Christian Dreesen.

Berpisah di akhir musim, pelatih berkebangsaan Jerman ini pun tetap berkomitmen untuk menyelesaikan tanggung jawabnya hingga akhir musim 2023-2024.

"Kami telah sepakat untuk mengakhiri hubungan kerja sama kami pada akhir musim ini," jelas Tuchel dikutip dari situs klub Bayern Muenchen.

"Sampai saat itu, saya tentu saja akan terus melakukan semua yang saya bisa dengan staf pelatih untuk mencapai kesuksesan maksimal," sambungnya.

Baca juga: Zidane, Alonso, dan Ole Berpeluang Gantikan Thomas Tuchel di Bayern Muenchen

Menunggu waktu hingga Juni 2024, Jan mengungkapkan bahwa semua pihak tim akan berupaya yang maksimal.

"Tujuan kami adalah untuk mengejar arah sepak bola yang baru dengan pelatih kepala yang baru untuk musim 2024-25," jelas Dreesen.

"Hingga saat itu, setiap individu di klub secara tegas dituntut untuk mencapai hasil semaksimal mungkin di Liga Champions dan Bundesliga," sambung sang CEO.

Tuchel menjadi pelatih kepala Bayern Muenchen pada Maret 2023 menggantikan Julian Nagelsmann.

Baca juga: Kata CEO Bayern Muenchen Soal Masa Depan Thomas Tuchel

Dua bulan setelah terpilih, dia berhasil meraih gelar juara Bundesliga 2022-2023.

Isu kepemimpinan Tuchel di Die Roten, julukan Bayern Muenchen, kian tajam usai kekalahan mengejutkan dengan skor 2-3 dari tim papan tengah Bochum, Minggu (18/2/2024).

Hasil tersebut merupakan kekalahan ketiga beruntun yang dialami sang juara Bundesliga untuk 10 musim terakhir ini.

Kekalahan tersebut kian menjauhkan jarak Harry Kane dkk dengan sang pemuncak klasemen, Bayer Leverkusen.

Bayern Muenchen terpaut 8 poin dari Bayer Leverkusen asuhan Xabi Alonso yang mengoleksi 58 poin.

Dari 32 laga yang telah dimainkan di seluruh kompetisi musim ini, Bayern Muenchen memiliki catatan 22 kemenangan, 3 seri, dan 7 kekalahan.

Kini, dengan terjawabnya masa depan Tuchel, sejumlah nama pelatih ternama berpotensi menggantikan perannya di musim 2024-2025.

Beberapa nama top kepelatihan dunia seperti Xabi Alonso, Zinedine Zidane, hingga Ole Gunnar Solskjaer memiliki potensi menggantikan dirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com