Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Degradasi, Persis Solo Berambisi Sapu Bersih Sisa Laga Liga 1

Kompas.com - 17/01/2024, 23:50 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jelang berlanjutnya Liga 1 2023-2024, posisi Persis Solo cukup mengkhawatirkan. Tim masih terseok-seok di papan bawah klasemen sementara, yaitu posisi ke-15 dengan perolehan 25 poin.

Persis hanya satu strip di atas penghuni zona degradasi, Arema FC, yang menguntit di posisi ke-16 dengan perolehan 21 poin.

Imbas dari jebloknya performa Alexis Messidoro dkk membuat pelatih Persis, Leonardo Medina, lengser dari jabatannya sebagai pelatih kepala.

Tak ingin tim semakin terpuruk, manajemen Persis bergerak cepat dengan menunjuk pelatih berpengalaman asal Bosnia, Milomir Seslija.

Baca juga: Uji Coba Jadi Tolok Ukur Persib Lanjutkan Musim Hadapi Persis Solo

Milomir adalah pelatih yang sudah tidak asing lagi dengan sepak bola Indonesia. Ia pernah menukangi Arema FC, PSM Makassar, dan Borneo FC.

Manajer Tim Persis Solo, Chairul Basalamah, menegaskan, selama jeda kompetisi, Persis terus berbenah. Tidak ada pilihan lain selain menyapu bersih 12 laga sisa Liga 1 2023-2024 dengan meraih hasil terbaik. 

Ia pun menegaskan manajemen mendukung penuh apa pun program dan strategi yang dilakukan pelatih untuk mendongkrak performa tim.

Baca juga: Kembali ke Indonesia, Milomir Seslija Siap Bangkitkan Persis Solo

"Kurang 12 pertandingan pastinya kami mempersiapkan yang terbaik dengan target untuk memperbaiki peringkat yang sekarang lebih baik lagi pastinya," ujar mantan Manajer Persebaya Surabaya itu kepada Kompas.com.

"Sekarang manajemen yang pasti men-support tim karena saat ini kami sudah tidak bisa bicara satu atau dua pertandingan, tetapi bagaimana memikirkan plan sisa laga ini untuk Persis," katanya.

Saat ini, manajemen Persis terus menjalin komunikasi intens dengan Milomir Seslija perihal kondisi tim dan apa saja yang perlu diperbaiki.

Hal itu termasuk pemusatan latihan sebagai evaluasi dan pembenahan terhadap pencapaian tim berjuluk Laskar Sambernyawa sejauh ini.

Baca juga: VAR Tetap Dibutuhkan di Liga Indonesia

"Kami berusaha memberikan yang terbaik dengan dukungan, khususnya karena pelatih kami baru. Dia datang dengan keadaan yang tidak terlalu baik dan pemain yang sudah ada tidak bisa bongkar-bongkar lagi," tutur Chairul Basalamah.

"Kami berusaha men-support pelatih baru Coach Milo dan juga tentunya pemain," ujarnya.

“Makanya, kami ada TC dan beberapa planning untuk pelatih baru terus kami lakukan perbaikan Persis Solo yang terbaik ke depannya," katanya.

Jelang berlanjutnya Liga 1 2023-2024, Persis akan menjalani laga lebih dulu daripada tim lain.

Tim akan menjamu Madura United dalam laga tunda pekan ke-21 yang akan berlangsung di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Selasa (30/1/2023) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com