Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba Jadi Tolok Ukur Persib Lanjutkan Musim Hadapi Persis Solo

Kompas.com - 17/01/2024, 20:26 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejumlah tim memanfaatkan jeda kompetisi dengan melangsungkan pertandingan uji coba. Tak terkecuali Persib Bandung. 

Pelatih Bojan Hodak mengagendakan dua game internal. Salah satunya akan digelar Kamis (18/1/2023) dan satu laga uji coba di luar Bandung yang belum terkonfirmasi. 

Gelandang Persib, Beckham Putra, mengatakan, uji coba atau game internal menjadi kebutuhan paling mendesak tim usai mengalami fase penurunan kondisi kebugaran setelah tim libur Natal dan Tahun Baru.

Jeda kompetisi Liga 1 2023-2024 yang sangat panjang selama sebulan lebih ini bisa diibaratkan mirip periode persiapan pramusim. Pasalnya, fisik menjadi menu utama tim-tim Liga 1 saat ini.

Baca juga: Target Pelatih Persib Desain Agenda Game Internal dan Uji Coba 

Jelas pemain Persib tak boleh kehilangan ritme bermainnya di tengah upaya mempertahankan posisi empat besar di klasemen sementara. 

Pada laga lanjutan pekan ke-24 nanti, duel Persib vs Persis Solo akan tersaji 4 Februari, Maung Bandung akan bertindak sebagai tuan rumah. 

"Tentunya kami harus adaptasi dengan uji coba, menurut coach kemarin Beckham dengar ada uji coba untuk persiapan melawan (Persis) Solo," kata Beckham. 

"Jadi, itu bagus untuk menilai kekuatan tim kami ada di mana, level fisik kami ada di mana, dan apakah kami sudah di top (performa) atau belum," urai Beckham. 

Baca juga: Respons Teja Paku Alam Saat Persib Datangkan Kiper Baru Kevin Mendoza

Para pemain Persib memulai latihan pertama di tahun 2024 pada Rabu (10/1/2024) di Stadion Persib, Sidolig, Bandung guna bersiap melanjutkan perjuangan di Liga 1 2023-2024. KOMPAS.com/ADIL NURSALAM Para pemain Persib memulai latihan pertama di tahun 2024 pada Rabu (10/1/2024) di Stadion Persib, Sidolig, Bandung guna bersiap melanjutkan perjuangan di Liga 1 2023-2024.

Teja Paku Alam, penjaga gawang Persib, juga akan mengambil manfaat dari gelaran uji coba atau game internal nanti.

Menurut dia, Persib membutuhkan team feeling, mengembalikan lagi ritme dan situasi atmosfer pertandingan.

"Pastinya, manfaatnya karena terlalu lama break, tentunya kami harus dapat team feeling terus dalam bermain jadi uji coba nanti bakal sangat pengaruh untuk kami," tutur Terja. 

Baca juga: Cara Stefano Beltrame Manfaatkan Jeda Kompetisi di Persib

Beckham sendiri mengakui kondisi fisiknya kini sudah berada di level 80 persen. Intensitas latihan terus naik setiap harinya. 

Beckham antusias dengan program latihan ini karena bisa membantunya berada di level yang diinginkan saat liga kembali berjalan. 

"Sudah di 80 persen karena kami setiap harinya (intensitas) semakin naik, itu semakin bagus juga, kami lihat juga ada latihan dua kali sehari itu positif buat pemain, kami harus siap dengan situasi itu," katanya. 

"Sebagai persiapan melawan Solo, masih ada jeda beberapa minggu, jadi kami push terus untuk meningkatkan kondisi, semoga bisa ada di top performa melawan Persis Solo," harap Beckham. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com