Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali ke Indonesia, Milomir Seslija Siap Bangkitkan Persis Solo

Kompas.com - 10/01/2024, 09:30 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih asing berpengalaman, Milomir Seslija, kembali meramaikan Liga 1 2023-2024. Ia resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala Persis Solo untuk menggantikan Leonardo Medina.

Baru bergabung, ia langsung mendapatkan tugas berat untuk menyelamatkan tim yang performanya terus merosot.

Dalam lima laga terakhir, Persis Solo tidak memetik kemenangan dengan tiga kekalahan beruntun.

Tren buruk tersebut membuat Persis terjerembap di posisi ke-15 klasemen sementara dengan perolehan 25 poin, hanya terpaut empat poin dari Arema FC yang berada di zona degradasi.

Baca juga: Pelatih Fisik Persis Solo Singgung Ketahanan Fisik dan Mental di Piala Dunia U17

Milomir Seslija mengungkapkan tugas berat ini membuatnya antusias.

"Saya kembali untuk membuktikan bahwa pemain saya (Persis) lebih mampu dan lebih baik dari yang mereka pikirkan," ujarnya kepada Kompas.com.

Ia bukanlah sosok baru di sepak bola Indonesia. Karier pertamanya dimulai pada 2011 silam dengan menakhodai Arema yang bermain di ISL.

Setelah itu, ia pernah membesut Arema (2016, 2019), Persiba Balikpapan (2017), Madura United (2018), PSM Makassar (2021-2022), dan Borneo FC (2022/2023).

Pada musim 2023, ia pergi menukangi klub kasta kedua Bosnia, FK Famos Vojkovici, dan klub Liga Maldives, Maziya S&RC.

Meski begitu, ia masih mengikuti perkembangan sepak bola Indonesia. Itu menjadi modal untuk berjuang bersama Persis di sisa laga Liga 1 2023-2024 yang akan dimulai lagi pada bulan Februari nanti.

Baca juga: PT LIB Ungkap 3 Nama Stadion Liga 1 yang Memakai VAR, Ada Manahan dan SJH

"Senang rasanya mengenal liga yang sangat menantang dan sulit karena pada intinya 20 menit terakhir sangat sulit untuk mengontrol permainan dan membutuhkan banyak konsentrasi untuk mendapatkan hasil yang baik," tutur Milomir Seslija.

Ia pun optimistis bisa memperbaiki situasi dan posisi Persis.

Pertama, yang ingin ia kejar adalah memperbaiki kualitas mental pemain. Setelah mengalami kekalahan beruntun, itu membuat mental dan kepercayaan diri Irfan Jauhari dkk membutuhkan perhatian.

Menurut dia, semua butuh proses, tetapi ia yakin tim berjuluk Laskar Sambernyawa itu akan kembali tampil membanggakan untuk suporternya.

"Kami di sini untuk membantu untuk menjadi tim yang lebih baik. Saya percaya akan hal itu dan apa yang akan dilihat. Pendukung Persis Solo tetap mengatakan menikmati sepak bola adalah hal yang paling penting,“ tutur pelatih asal Bosnia itu.

"Kami akan memberikan yang terbaik karena kami berutang budi pada diri sendiri dan penggemar kami," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com