Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Pengganti I Putu Gede di Persib

Kompas.com - 25/11/2023, 06:30 WIB
Adil Nursalam,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Laga perdana Persib Bandung pasca ditinggal I Putu Gede ke Bhayangkara FC.

Pelatih Persib Bojan Hodak diprediksi akan mempercayai posisi bek kanan kepada Kakang Rudianto pada laga pekan ke-20 Liga 1 2023-2024 antara Dewa United vs Persib Bandung, Minggu (26/11/2023) di Indomilk Arena. 

Pertimbangan itu melihat track record Hodak menunjuk Kakang sebagai pengganti Putu saat  absen membela Persib karena indisipliner. 

Kakang mampu menjawab kepercayaan bermain di bek kanan, meski posisi itu bukan merupakan posisi aslinya yang seorang center back. 

Baca juga: Alasan I Putu Gede Tinggalkan Persib

Kakang sendiri siap andai kembali dipercaya tampil sejak menit pertama. Namun keputusan belum diambil Hodak saat ini. 

“Ya kesempatan sih ada, tapi kita lihat nanti ya, itu urusan pelatih mau nurunin siapa,” kata Kakang. 

Persiapan Kakang secara pribadi cukup baik, pelatih memberikan program latihan fisik selama jeda internasional. 

Ini membantu pemain bersiap secara ketahanan fisik selama 90 menit pertandingan nanti. 

“Persiapan cukup bagus selama seminggu kemarin, dari mulai fisik, ya tentunya kami siap melawan Dewa United,” ucapnya. 

Baca juga: Pelatih Persib Bicara Bujet Klub, Tak Yakin Bisa Boyong Pemain Baru

Kakang Rudianto bek Persib (biru) kala dipercaya tampil menjadi bek kanan Maung Bandung dalam pertandingan pekan ke-10 Liga 1 2023-2024 antara Persib vs RANS Nusantara FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (20/8/2023). KOMPAS.com/Adil Nursalam Kakang Rudianto bek Persib (biru) kala dipercaya tampil menjadi bek kanan Maung Bandung dalam pertandingan pekan ke-10 Liga 1 2023-2024 antara Persib vs RANS Nusantara FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (20/8/2023).

Kakang Rudianto merupakan pemain jebolan Akademi Persib yang kini berusia 20 tahun, pernah membela Timnas U19 Indonesia di tangan kepelatihan Shin Tae-yong. 

Musim ini ia telah memainkan enam pertandingan sebagai starter, punya postur 183 cm membuatnya diandalkan sebagai pemain belakang. 

Selain Kakang, masih ada nama Robi Darwis dan Rachmat Irianto yang bisa beroperasi di bek sayap kanan meski bukan posisi naturalnya. 

Baca juga: Reaksi Bojan Hodak Asnawi Mangkualam Diisukan Merapat ke Persib

Bojan Hodak sempat memberikan keterangan pasca perginya Putu, ia akan maksimalkan pemain yang ada, sampai manajemen bisa mendatangkan pemain baru sesuai keinginannya. 

Pelatih asal Kroasia ini mengerti sulitnya mendapatkan pemain baru di masa bursa transfer tengah musim, mengingat banyak pemain yang sudah memiliki kontrak. 

“Kami berusaha untuk menemukan penggantinya, tapi tentu tidak mudah di pertengahan musim untuk menemukannya,” terang Hodak. 

“Sementara kami mengatasi kondisi ini dengan memanfaatkan pemain yang dimiliki. Namun tentu kami tetap mencoba mencari pengganti,” urainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com