Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potradnas 2023 Geliatkan Perekonomian dan Pariwisata

Kompas.com - 14/06/2023, 20:00 WIB
Ahmad Zilky,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pekan Olahraga Tradisional Nasional (Potradnas) XI 2023 menjadi magnet untuk peningkatan perekonomian daerah di Kuningan, Jawa Barat.

Betapa tidak? Hotel terdekat dari lokasi penyelenggaraan dipadati oleh para peserta dari seluruh Indonesia yang rata-rata berumur 15-22 tahun.

Selain itu, para peserta Potradnas juga diproyeksikan untuk mengunjungi destinasi wisata di Kuningan seperti Gedung Perundingan Linggarjati, Pondok Pinus Palutungan, Telaga Biru Cicerem dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pun menggeliat di tengah-tengah perhelatam Potradnas 20233.

Baca juga: Menpora Dito Ingin Selamatkan Budaya Indonesia Lewat Potradnas

Puluhan gerai UMKM berjejer dipadati pembeli di sepanjang Open Space Gallery Linggarjati, mulai dari makanan ringan olahan lokal, kopi, hingga produk baju olahraga buatan dalam negeri.

Menpora Dito Ariotedjo sempat menyambangi gerai UMKM. Ia membeli beberapa dagangan sebagai buah tangan untuk dibawa ke Jakarta.

Sontak, para pengunjung yang menyaksikan ajang tersebut pun juga berbelanja, sehingga geliat perekonomian pun tumbuh.

"Senang banget dengan adanya event Potradnas,” ucap Ibu Ian, salah satu pelaku UMKM binaan Binangkit yang membina 60 orang dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Lima Olahraga Tradisional yang Dimainkan pada Potradnas 2023

“Alhamdulillah, Terima kasih banyak Pak Menpora yang sudah menunjuk Kabupaten Kuningan menjadi tuan rumah, sehingga roda perekonomian khususnya dari sektor UMKM berputar," tambah dia.

"Semoga acara-acara olahraga seperti ini dapat terus berlangsung di Kuningan, karena sangat menguntungkan kita, selain itu produk asli Kuningan bisa diketahui oleh masyarakat luas," ungkapnya.

Senada dengan Ibu Nida. Pedagang yang mengaku asal Cirebon itu sengaja berjualan di tengah-tengah perhelatan Potradnas IX di Kuningan ini.

Dia sangat bersyukur dagangannya laku, terlebih diantara pembelinya adalah Menpora Dito Ariotedjo.

Baca juga: Kemenpora Siap Gelar Potradnas, Upaya Lestarikan Olahraga Tradisional

"Alhamdulillah, dagangan saya laku, apalagi dibeli sama Pak Menpora,” ucap Ibu Nida.

“Saya sangat terharu, Pak Menpora tidak melupakan UMKM. Semoga ajang Potradnas sukses dan Pak Menpora juga sukses. Amin," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com