Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bek Persib Cerita Pengalaman di Thailand, Aturan "5+1" Bukan Hambatan

Kompas.com - 09/06/2023, 12:00 WIB
Adil Nursalam,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kalangan pemain lokal Persib tak mempertentangkan kuota pemain asing 5+1. Bek Persib pemegang paspor Indonesia, Victor Igbonefo, memberikan sambutan positif.

Menurutnya, regulasi baru di Liga 1 2023-2024 menjadi tantangan untuk pemain lokal. Tak ada zona nyaman di dalam tim.

Jika ingin bermain reguler di susunan starter, pemain dituntut terus meningkatkan level permainan sendiri.

“Tentu ada maksud yang baik buat itu dan bisa bantu pemain. Harapan kita untuk liga yang lebih baik,” kata Igbonefo.

Baca juga: Persib Panggil Dua Kiper Akademi, Passos Sebut Atribut Penting

Pesepak bola yang tergolong senior ini menceritakan bagaimana pengalamannya saat menjadi pemain asing di Liga Thailand pada tahun 2015.

Kala itu, semua pemain bersaing mendapatkan tempat utama. Bahkan, beberapa kali pemain asing juga harus merasakan duduk di bangku cadangan, dikarenakan level permainan personel lokal yang meningkat.

Thailand saat ini memiliki salah satu liga terbaik di kawasan Asia Tenggara. Persaingan pemain lokal dan asing disebut berdampak positif kepada timnas Gajah Perang.

“Tentu waktu aku main di Thailand banyak pemain asing juga dan semua harus bersaing,” ucap Igbonefo.

Baca juga: Latihan dengan Persib, David da Silva: Senang Bisa Kembali ke Keluarga

“Kompetisi (di dalam tim) itu bagus untuk pemain. Dari sisi pemain pasti mereka harus dapat menit bermain. Berarti, dia harus sangat luar biasa bersaing, itu akan membuat pemain berkembang,” paparnya.

Menurutnya, regulasi pemain asing 5+1 yang kini diterapkan di Liga 1 bukanlah halangan bagi pesepak bola lokal, terlebih jika mereka benar-benar punya kualitas.

Igbonefo yang kini terdaftar sebagai pemain lokal, fokus kepada permainannya sendiri dan bekerja keras di setiap latihan agar dipercaya pelatih Persib, Luis Milla.

“Jadi, tidak harus jadi halangan atau alasan. Kami harus bersaing itu bagus untuk pemain dan bagus untuk sepak bola Indonesia,” tuturnya.

Baca juga: Kondisi Terkini David da Silva pada Masa Pramusim Persib

Selain regulasi pemain asing, format kompetisi Liga 1 2023-2024 juga berubah. Ada Reguler Series yang dimainkan 18 klub peserta, memakai format double round robin, kandang-tandang.

Lalu, empat tim teratas di fase Reguler Series berhak melanjutkan langkah ke Championship Series atau babak empat besar bersistem knock out, seperti semifinal dan final.

Igbonefo lantas mengaku berat dengan regulasi larangan suporter tim melakukan perjalanan tandang. Namun, ia sudah sangat mengerti situasi di Indonesia.

Indonesia bersiap menjalani tahun politik pada 2024. Namun, di satu sisi liga sepak bola harus tetap berjalan dengan aman.

“Ya sangat berat, tapi ini situasi yang selalu dialami di Indonesia. Selalu ada pertengkaran antara suporter dan karena tahun politik untuk keamanan,” kata Igbonefo menanggapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com