Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stadion Manahan Jadi Venue Kualifikasi Piala Asia U23 2024

Kompas.com - 04/06/2023, 14:45 WIB
Farahdilla Puspa,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Stadion Manahan di Solo, Jawa Tengah, ditunjuk sebagai venue pertandingan kualifikasi Piala Asia U23 2024 pada 4-12 September 2023. 

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan bahwa Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sudah menyetujui penggunaan Stadion Manahan. 

Selain itu, Stadion Manahan juga sudah dinilai layak menggelar turnamen internasional saat FIFA melakukan inspeksi pada Maret lalu. 

"Bicara stadion, Manahan saya nilai sudah sangat siap dan terawat. Fasilitas media juga sudah siap. Sudah disetujui AFC dan telah lulus saat diinspeksi FIFA," kata Erick Thohir. 

Baca juga: Hasil Undian Kualifikasi Piala Asia U23 2024, Garuda Muda Hadapi Perempat Finalis Turnamen Lalu

"Begitu pula suporter Persis yang tak cuma banyak, juga pasti siap mendukung timnas," ungkap Erick melanjutkan, dilansir dari situs resmi PSSI. 

Erick Thohir pun meminta semua pihak untuk menjaga kepercayaan AFF, sehingga tidak ada pandangan negatif lagi terhadap sepak bola Indonesia. 

"Jadi, tolong dijaga kepercayaan dari AFC kepada kita, sehingga tidak ada lagi persepsi negatif terhadap sepak bola Indonesia," ujar Erick Thohir. 

Erick menjelaskan, Stadion Manahan merupakan salah satu dari 22 stadion yang direnovasi pemerintah agar sesuai standar FIFA. 

Baca juga: Federasi Sepak Bola Argentina: Dilatih Shin Tae-yong, Timnas Indonesia Tak Bisa Diremehkan

Semakin banyak stadion yang memenuhi kualifikasi FIFA dan menggelar banyak turnamen nasional maupun internasional, bisa menghasilkan dampak bagi pertumbuhan ekonomi. 

"Stadion ini satu dari 22 gelanggang yang direnovasi pemerintah agar sesuai standar FIFA. Sesuai pula dengan arahan Presiden Jokowi dan juga blue print PSSI untuk menyiapkan stadion berkualitas demi kepentingan laga internasional, nasional, dan Liga 1 serta Liga 2," ujarnya. 

"Dengan makin banyak stadion kita yang punya kualifikasi FIFA, maka ajang nasional dan internasional akan lebih mudah digelar. Dampaknya, sektor ekonomi tumbuh, UMKM terlibat, sekaligus muncul budaya menonton yang tertib, aman, dan nyaman," ucap Erick. 

Kualifikasi Piala Asia U23 2024 diikuti 45 tim yang terbagi ke dalam 11 grup. Indonesia berada di Grup K bersama Turkmenistan dan Taiwan. 

Baca juga: Daftar 26 Pemain Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Vs Palestina-Argentina

Sebelas juara dan runner up grup akan lolos ke putaran final Piala Asia U23 2024 di Qatar pada tanggal 15 April-3 Mei tahun depan.

Adapun Piala Asia U23 2024 juga akan menjadi kualifikasi untuk Olimpiade Paris 2024. 

Oleh karena itu, Erick Thohir menargetkan Indonesia untuk mengamankan satu tiket di putaran final. 

"Jika di Piala Asia U23 sebelumnya kita tidak lolos, cukup realistis kali ini targetnya meraih tiket ke putaran final," kata Erick. 

"Status tuan rumah harus benar-benar kita manfaatkan. Saya berharap, penggemar dan suporter timnas akan membanjiri stadion serta memberikan dukungan maksimal saat timnas main di kandang," imbuh Erick Thohir. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com