Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mourinho Resmi Didakwa UEFA, Buntut Labrak Anthony Taylor di Parkiran

Kompas.com - 02/06/2023, 21:43 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih AS Roma, Jose Mourinho, didakwa UEFA setelah melabrak wasit Anthony Taylor seusai final Liga Europa 2022-2023. 

Final Liga Europa 2022-2023 mempertemukan AS Roma dan Sevilla di Puskas Arena, Budapest, Hungaria, Kamis (1/6/2023) dini hari WIB. 

AS Roma unggul lebih dulu lewat gol Paulo Dybala pada menit ke-35. Namun, Sevilla menyamakan kedudukan 20 menit kemudian berkat gol bunuh diri bek Roma, Gianluca Mancini. 

Skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu normal usai. Kemudian pada babak extra time, skor masih sama dan pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti. 

Baca juga: Roma Kalah di Final Liga Europa, Mourinho Kecewa sampai Lempar Medali

AS Roma kalah 1-4 pada babak adu penalti setelah dua penendang mereka gagal menceploskan bola ke gawang.

Sementara itu, Sevilla keluar sebagai juara sekaligus meraih trofi Liga Europa ketujuh mereka. Seusai pertandingan, Jose Mourinho mengkritik keras kepemimpinan wasit Anthony Taylor.

Pelatih asal Portugal tersebut kedapatan melabrak dan memaki pengadil lapangan hijau asal Inggris tersebut. 

Melansir Sky Sports, akibat perilakunya itu, Mourinho pun didakwa UEFA dengan tuduhan menggunakan kata-kata hinaan atau menghina ofisial pertandingan. 

Baca juga: Mourinho Labrak Wasit di Parkiran Usai Roma Kalah di Final Liga Europa: Memalukan!

Sebelum melabrak Anthony Taylor di parkiran, Mourinho juga menyuarakan kritiknya dalam konferensi pers setelah pertandingan final Liga Europa. 

"Saya harus membela para pemain saya dan harus mengatakan bahwa kami sudah terbiasa dengan hal ini, tetapi tetap saja melihat wasit seperti ini di sebuah final Eropa sangat sulit," ucap Mourinho. 

Mourinho juga sempat memprotes keputusan Anthony Taylor yang tidak memberikan AS Roma penalti saat umpan Nemanja Matic mengenai tangan pemain Sevilla, Fernando Reges. 

Selain itu, Mourinho juga menilai bahwa wasit seharusnya memberi kartu merah kepada gelandang Sevilla, Erik Lamela.

Baca juga: Wasit Anthony Taylor Dilecehkan Suporter Roma di Bandara Budapest

"Itu kartu kuning dan jelas kartu kuning. Ketidakadilan ditunjukkan oleh fakta bahwa Lamela seharusnya mendapat kartu kuning kedua, tetapi dia (wasit) tidak memberikannya dan dia mengonversi penalti dalam babak adu penalti," kata Mourinho usai laga, dikutip Football Italia. 

Adapun Anthony Taylor juga mendapat perlakuan tak menyenangkan dari penggemar AS Roam di Bandara Budapest pada Kamis (1/6/2023). 

Menurut laporan Metro, penggemar Roma terdengar meneriakkan kemarahan kepada wasit Premier League itu setelah mereka mengenali sang pengadil di food court bandara.

Bahkan, salah satu suporter Roma melemparkan kursi ketika Anthony Taylor dan keluarga tengah berjalan.

Football Italia melaporkan bahwa penggemar yang melemparkan kursi telah ditahan oleh pihak berwenang. Anthony Taylor dan keluarga lantas harus diungsikan ke sebuah ruangan pribadi demi keselamatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com