Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirab Juara SEA Games 2023, Ajang Pesta Rakyat Rayakan Prestasi Emas

Kompas.com - 19/05/2023, 15:50 WIB
Frengky Tanto Wijaya,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kirab juara SEA Games yang menghadirkan Timnas U22 Indonesia disambut meriah warga Jakarta pada Jumat (19/5/2023).

Berbagai kalangan seperti suporter Timnas Indonesia, pelajar sekolah, karyawan swasta, pengendara hingga masyarakat umum mengiringi bus Transjakarta yang mengangkut Marselino Ferdinan dkk dari Gedung Kemenpora mengelilingi beberapa titik di Jakarta.

Selain diikuti tim nasional sepak bola, terdapat beberapa kontingen Indonesia penyumbang emas SEA Games dari cabor lain yang turut serta hadir berpawai mengelilingi Jakarta.

Kirab Juara SEA Games 2023 dimulai pukul 08.30 WIB dari Gedung Kemenpora yang kemudian bergerak ke Jalan Sudirman dan melalui Bundaran HI dengan titik akhir di area depan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan.

Baca juga: 12 Mobil Karnaval Dikerahkan untuk Kirab Juara SEA Games 2023 

Masyarakat Indonesia yang hadir dalam pesta rakyat ini dominan menggunakan atribut bernuansa merah dan putih dalam merayakan prestasi Indonesia dalam ajang SEA Games 2023.

Sepanjang perjalanan pun banyak nyanyian dan teriakan seperti "campione.. campione.." dan "Indonesia Juara!"  yang turut mengiringi perjalanan Timnas U22 Indonesia pada Jumat (19/5/2023) pagi.

"Penasaran ingin lihat perayaan juara timnas Indonesia. Selamat.. Kalian luar biasa," kata Sulistiani, seorang pekerja di kawasan Sudirman, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com.

Menurut laporan yang diterima, banyak pendukung timnas Indonesia yang menyambut para pemain yang hadir dengan aksi 1.000 bunga mawar dan sejumlah poster berisi dukungan di kawasan Bundaran HI.

Baca juga: Arak-arakan Timnas, Skuad Garuda Disambut Meriah di Depan Kemenpora

"Selamat datang para juara SEA Games 2013, dari Asia Tenggara menuju sepak bola pentas dunia," isi dari salah satu tulisan di poster.

"Selamat kepada Timnas U-22 juara SEA Games 2023. Mental dan nyali kalian luar biasa," tulis dalam poster lainnya.

Pada akhirnya, kirab juara SEA Games 2023 ini berhenti di titik akhir, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Teriakan "Indonesia" dengan lantang terdengar ketika bus yang mengangkut Indra Sjafri dan anak-anak besutannya memasuki area depan stadion kebanggaan Tanah Air tersebut.

Baca juga: BERITA FOTO: Tumpah Ruah Warga Sambut Pawai Timnas U22 Indoensia

Antusias warga menyambut pawai Timnas Skuad Garuda Muda di Budaran Hotel Indonesia, Jakarta, Jumat (19/5/2023).  Timnas U22 Indonesia berhasil meraih medali emas SEA Games 2023.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Antusias warga menyambut pawai Timnas Skuad Garuda Muda di Budaran Hotel Indonesia, Jakarta, Jumat (19/5/2023). Timnas U22 Indonesia berhasil meraih medali emas SEA Games 2023.

Turut hadir beberapa pejabat stakeholder seperti Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, Chef de Mission (CdM) Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim dan beberapa pejabat eksekutif PSSI lainnya.

"Ayo, kita bangkitkan sepak bola Indonesia. Kita revolusi mental dari sepak bola, setuju?" ucap Erick kepada para pendukung Timnas Indonesia di depan area SUGBK.

Ketua Umum PSSI tersebut juga meminta maaf kepada warga Jakarta atas kemacetan lalu lintas yang terjadi karena pawai pada hari ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com