Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chelsea Tunjuk Mauricio Pochettino Sebagai Pelatih Musim Depan

Kompas.com - 14/05/2023, 05:48 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Chelsea dilaporkan telah mencapai kata kesepakatan untuk mempekerjakan mantan bos Tottenham, Mauricio Pochettino, sebagai pelatih untuk musim depan.

Mauricio Pochettino akan datang bersama para stafnya, Jesus Perez, Miguel D'Agostino, Toni Jimenez, dan Sebastiano Pochettino yang merupakan anaknya sendiri.

Pochettino dikatakan tak bakal menghadiri laga-laga Chelsea hingga akhir musim walau ia dilaporkan bakal membuka dialog dengan direktur-direktur olahraga Chelsea dan juga pelatih interim Frank Lamaprd sebelum musim usai.

Pelatih asal Argentina ini akan menjadi sosok manajer permanen di kubu Stamford Bridge setelah Graham Potter dipecat pada awal April 2023 setelah hanya tujuh bulan menukangi The Blues.

Chelsea sendiri tengah merana di papan klasemen Premier League walau menghabiskan lebih dari 600 juta pound dalam dua jendela transfer terakhir.

Baca juga: Hasil Liga Inggris: Chelsea Vs Nottingham Forest Seri, Southampton Degradasi

Pochettino sudah menganggur sejak ia dipecat Paris Saint-Germain pada musim panas lalu.

Bersama PSG, mantan bek tangguh timnas Argentina ini berhasil mempersembahkan gelar Liga Perancis 2022 dan Piala Perancis setahun sebelumnya.

Kini, Pochettino kembali ke London setelah ia menukangi Tottenham Hotspur selama lima musim sejak Mei 2014.

Namun, pelatih berusia 51 tahun itu gagal mempersembahkan satu gelar pun pada masanya di kubu London Utara tersebut.

Setidaknya, sang pelatih berhasil antara lain membawa Spurs ke final Liga Champions 2019 (di mana mereka kalah dari Liverpool) dan juga finis runners up pada musim Premier League 2016-2017.

Baca juga: Hasil Bournemouth Vs Chelsea, Kemenangan Perdana Lampard yang Begitu Manis

Terkait kedatangan Pochettino ke Chelsea, pandit Sky Sports Gary Neville menilai bahwa sang pelatih adalah sosok tepat bagi kubu Stamford Bridge di bawah kepemilikan Todd Boehly.

"Berdasarkan perkataan Todd Boehly, Chelsea telah belanja untuk tiga musim ke depan - selain mencari penyerang utama," ujar Neville.

"Jika menunjuk Zinedine Zidane, Luis Enrique, atau Diego Simeone, mereka bakal belanja 300 juta pound karena mereka tak akan suka beberapa pemain yang telah dibeli."

"Saya pikir Mauricio Pochettino adalah manajer tepat untuk skuad muda Chelsea ini."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com