Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barcelona Menang dan Madrid Kalah, Persaingan Juara Liga Spanyol 2022-23 di Ambang Garis Finis

Kompas.com - 03/05/2023, 11:00 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber AS

KOMPAS.com - Barcelona kian dekat dengan tangga juara LaLiga Spanyol 2022-23. Kemenangan atas Osasuna dan hasil negatif Real Madrid membuat persaingan hampir berakhir.

Barcelona menang 1-0 atas Osasuna pada laga pekan ke-33 LaLiga Spanyol 2022-23 di Stadion Camp Nou pada Rabu (3/5/2023) dini hari WIB lewat gol Jordi Alba pada menit ke-85.

Sementara itu dalam pertandingan lainnya, Real Madrid yang merupakan rival abadi sekaligus pesaing terdekat dalam perebutan gelar juara LaLiga 2022-23, justru menelan kekalahan.

Dalam lawatan ke markas Real Sociedad, Karim Benzema dkk kalah 0-2. Duel ini pun diwarnai kartu merah yang diterima bek Real Madrid, Dani Ceballos.

Baca juga: Klasemen Liga Spanyol: Barcelona Kian Dekat ke Tangga Juara, Real Madrid Dapat Ancaman Atletico

Alhasil, Barcelona semakin nyaman di puncak klasemen. Kini, tim besutan Xavi Hernandez unggul 14 poin atas Real Madrid di urutan kedua.

Lantaran LaLiga menyisakan lima pertandingan alias 15 poin maksimal yang diperebutkan, Barca, yang unggul head-to-head atas Real Madrid dalam LaLiga Spanyol 2022-23, hanya perlu tambahan satu poin.

Dengan demikian, hasil melawan Espanyol dalam Derbi Catalan pada 14 Mei sudah bisa menjadi penentu.

Barca bisa merayakan gelar juara LaLiga yang terakhir kali mereka raih pada 2018-19, jika minimal bermain imbang melawan rival sekota tersebut.

Situasi ini yang membuat Xavi optimistis. Mantan playmaker Barcelona dan timnas Spanyol ini berani mengklaim persaingan memperebutkan gelar juara LaLiga sudah mendekati garis finis.

"Ini langkah penting bagi kami karena kami sudah banyak menderita. Kami membuat beberapa peluang emas dan gol Jordi datang dan rasanya lebih baik menang seperti itu," ujar Xavi kepada DAZN dikutip dari AS.

Baca juga: Hasil Barcelona Vs Osasuna 1-0: Lawan 10 Pemain, Barca Menang Susah Payah

"Itu adalah tema musim ini di mana kami telah menciptakan banyak peluang tetapi belum mengubahnya menjadi gol. Tetapi kami bermain dengan banyak rasa lapar dan saya pikir kami layak menang."

"Ini hampir berakhir," tambah Xavi menjawab pertanyaan soal persaingan menuju tangga juara LaLiga Spanyol 2022-23.

Diakuinya, enam poin terakhir yang diraih saat melawan Real Betis dan Osasuna setelah kalah dari Rayo Vallecano menjadi kunci menuju kesuksesan yang dinanti tersebut. 

Apalagi, Real Madrid pun tak bisa melanjutkan tren positif. Pasukan Carlo Ancelotti justru menelan kekalahan di kandang Sociedad saat mereka dituntut memenangi semua laga tersisa di pentas Liga Spanyol 2022-23.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com