Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Pochettino Jadi Manajer Chelsea Semakin Dekat Jadi Kenyataan

Kompas.com - 25/04/2023, 17:31 WIB
Frengky Tanto Wijaya,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Langkah Mauricio Pochettino menjadi manajer permanen Chelsea musim depan sudah semakin dekat. Pihak Chelsea dan Pochettino telah menjalin pembicaraan lebih lanjut.

Sebelumnya, The Blues sudah melakukan pendekatan dengan beberapa calon manajer seperti Julian Nagelsmann dan Luis Enrique.

Akan tetapi, keduanya memutuskan mundur dari proses rekrutmen karena kurangnya kepercayaan pemilik klub, Todd Boehly atas kemampuan mereka melatih di Premier League.

Sebenarnya ada nama lain, yakni manajer Burnley saat ini, Vincent Kompany yang sukses membawa klubnya promosi dari divisi Championship.

Baca juga: Calon Pengganti Lampard di Chelsea: Nagelsmann Dicoret, Satu Nama Mendekat

Namun kabar terbaru menyebutkan Pochettino, yang merupakan mantan pelatih Paris Saint-Germain, menjadi yang terdepan untuk memimpin Kai Havertz dkk pada musim depan.

Dilansir dari BBC, Wartawan New York Times, Rory Smith berpendapat Pochettino adalah sosok yang tepat untuk menjadi nakhoda baru The Blues.

Smith merasa dengan permainan sepak bola menyerang yang diusung dan kemampuan mengembangkan pemain muda menjadi alasan Pochettino cocok membesut Chelsea.

"Dia merupakan kandidat terkuat dan sangat dibutuhkan Chelsea. Pochettino memiliki gaya permainan sepak bola yang progresif dan mampu mengembangkan pemain-pemain muda," ungkap Smith, dilansir dari BBC.

Baca juga: Kata Kompany soal Melatih Chelsea

Sementara itu eks penyerang Chelsea, Chris Sutton, meminta Pochettino menanyakan jaminan tak ada intervensi dari Boehly di ruang ganti ketika ia resmi memimpin klub.

"Satu pertanyaan yang akan saya tanyakan kepada Boehly adalah apakah dia tidak akan ikut ke ruang ganti," tutur Sutton.

"Pochettino ingin mengontrol secara penuh dan tidak menginginkan intervensi, sementara Boehly terlalu aktif. Jika Pochettino masuk, dia ingin klub berjalan sesuai dengan rencananya," imbuhnya. 

Sebelumnya, Pochettino sempat dirumorkan menangani Manchester United setelah dirinya dipecat PSG pada Juli 2022.

Baca juga: Nagelsmann Dicoret, Chelsea Incar 2 Pelatih Ini

Namun, Man United pada akhirnya menunjuk eks pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag, untuk memimpin tim sejak awal musim ini.

Pochettino dikenal karena sukses membawa Tottenham Hotspur bermain dengan apik dan selalu berada di papan atas Liga Inggris.

Sosok asal Argentina ini juga sukses membawa The Lilywhites melaju hingga ke final Liga Champions 2019, sebelum akhirnya dikalahkan Liverpool di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com