BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Dulux

Lebaran Keluarga Pesepak Bola Asep Berlian

Kompas.com - 23/04/2023, 09:09 WIB
Suci Rahayu,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri menjadi momen Asep Berlian dan keluarga pesepak bolanya berkumpul. Apalagi memiliki latar belakang yang sama membuat suasana Lebaran di keluarga tersebut tidak jauh dari sepak bola.

Ia adalah satu dari empat bersaudara yang semuanya berprofesi sebagai pesepak bola, yakni Dodi Kuswara, Tedi Berlian dan Tanjung Sugiarto.

Kakak sulungnya Dodi Kuswara merupakan pemain era 2000-an yang pernah satu tim bersama Rahmad Darmawan di Sriwijaya FC pada 2010.

Ia juga tercatat pernah menjadi pemain Persiba Bantul. Saat ini sudah pensiun dan fokus pada pembinaan sepak bola akar rumput.

Baca juga: Cerita di Balik Julukan Gattuso dari Madura yang Melekat ke Asep Berlian

Lalu adik Asep Berlian, Tedi Berlian (26), tercatat pernah membela banyak klub ternama seperti Barito Putera, PSS Sleman, Borneo FC, PSIM Yogyakarta, PSMS Medan dan terakhir Sriwijaya FC.

Adik bungsu Tanjung Sugiarto (23) tercatat pernah membela Persija Jakarta, Madura United, TIRA Persikabo, Mitra Kukar, Muba Babel United dan klub Liga 2 Persipal. 

Seemntara itu Asep Berlian masih aktif bermain dan membela Dewa United dalam Liga 1 2022-2023.

“Yah pastinya tidak jauh dari sepak bola kalau lagi ngobrol dan sharing satu sama lain,” ujar pemain asal Bogor itu kepada Kompas.com.

“Dari 4 yang bermain bola yang masih aktif tinggal dua saja. Kakak saya (Dodi Kuswara) dan adik saya Tedi Berlian sudah pensiun dan melatih SSB Youth Tiger Soccer School di Bogor. "

"Tinggal saya dan adik saya Tanjung Sugiarto saja yang masih aktif di liga profesional,” ungkapnya.

SSB Youth Tiger Soccer School merupakan sekolah sepak bola yang didirikan oleh Asep dan Gunawan Dwi Cahyo.

Baca juga: Variasi Latihan Mandiri, Asep Berlian Jajal Latihan di Lapangan

Ia mempunyai mimpi besar menjadikan SSB-nya tersebut sebagai pengorbit pemain-pemain muda bertalenta, khususnya wilayah Bogor dan sekitarnya.

Keinginannya tersebut mendapatkan dukungan penuh dari saudaranya Dodi Kuswara dan Tedi Berlian sangat serius mendalami pengembangan usia dini.

“Kebetulan kami ada CEO muda juga yang sama-sama ingin memajukan sepak bola di Kota Bogor melalui SSB YTSS,” terangnya.

Di sisi lain Asep Berlian mengakui Lebaran tahun ini agak berbeda karena bermain untuk Dewa United yang bermarkas di Tangerang.

Hal itu membuatnya lebih dekat dengan keluarga dan memiliki waktu lebih banyak menikmati Lebaran di Bogor.

“Kami Lebaran di Bogor saja, karena mertua juga orang Bogor jadi tidak jauh-jauh,” ungkap mantan pemain Madura United.

Baca juga: Asep Berlian dan Julukan Pak RT Madura United

“Ini pengalaman baru lagi. Tim yang sekarang dekat jadi intensitas ketemu dengan keluarga lebih sering dibandingkan sebelumnya,” tambahnya.

Lebaran tahun ini memiliki makna yang mendalam baginya karena benar-benar menjadi momen kemenangan untuk penuh syukur atas limpahan rahmat-Nya.

“Limpahan rahmat bagi umat muslim dan momen kemenangan atas diri sendiri melawan hawa nafsu selama bulan Ramadhan,” pungkasnya.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com