Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor Fantastis Haaland, Hanya 39 Laga untuk Kalahkan Nistelrooy dan Mo Salah

Kompas.com - 12/04/2023, 05:30 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Striker Manchester City, Erling Haaland, tampil sangat mengesankan ketika membantu timnya meraih kemenangan 3-0 atas Bayern Muenchen di Stadion Etihad, Rabu (12/4/2023) dini hari WIB. 

Mantan striker Borussia Dortmund ini menyumbang satu gol untuk melengkapi pesta kemenangan The Citizens dalam leg pertama babak perempat final Liga Champions 2022-23. Dia menjebol gawang Bayern pada menit ke-76.

Alhasil, satu gol tersebut membuat Erling Haaland memecahkan rekor. Striker 22 tahun ini menjadi pemain pertama dengan gol terbanyak di semua kompetisi untuk sebuah klub Premier League.

Satu lesakkan ke gawang Bayern membuat Haaland sudah menghasilkan total 45 gol bagi Man City sepanjang musim 2022-23.

Baca juga: Man City 3-0 Bayern, Haaland Terbebas dari Kutukan

Dia mengalahkan pencapaian mantan striker Manchester United, Ruud van Nistelrooy, dan penyerang Liverpool, Mohamed Salah.

Nistelrooy membuat rekor 44 gol di semua kompetisi bagi Man United pada musim 2002-03, kemudian disamakan Mohamed Salah bersama Liverpool pada musim 2017-18.

Kini, Haaland berada di posisi teratas dalam rekor gol terbanyak dalam semusim untuk sebuah klub Premier League.

Lebih fantastis lagi, Haaland memecahkan rekor itu hanya dalam 39 penampilan.

Bandingkan dengan apa yang dilakukan Nistelrooy dan Mo Salah. Dua pemain tersebut harus menunggu hingga penampilan ke-52 untuk membuat rekor gol terbanyak dalam semusim itu.

Rekor terbaru ini merupakan kejutan luar biasa lainnya dalam musim pertama Haaland bersama Man City sejak digaet dari Borussia Dortmund pada musim panas 2022.

Sebelumnya, pemain internasional Norwegia ini langsung memperkuat reputasinya dengan torehan sembilan gol dalam lima pekan perdana Premier League. Tak ada pemain yang pernah melakukan hal tersebut.

Kemudian, Haaland menjadi satu-satunya pemain yang mencetak gol dalam empat pertandingan tandang perdana di ajang Premier League, dilanjutkan hat-trick alias trigol dalam tiga laga secara berturut-turut di kandang.

Bulan lalu, Haaland menorehkan tinta emas sebagai top skor Man City dalam satu musim ketika membukukan gol ke-39. Dia mematahkan rekor Tommy Johnson yang sudah bertahan sejak 1929.

Baca juga: Hasil Liga Champions: Man City Libas Bayern, Inter Jinakkan Benfica

Hanya dalam satu bulan, Haaland mempertajam rekor top skor satu musim bagi The Citizens.

Kini, dia sudah mencapai gol ke-45 berkat satu lesakkan ke gawang Bayern untuk melengkapi pesta kemenangan 3-0 Man City pada leg pertama perempat final Liga Champions 2022-23.

Performa Haaland dalam laga di Stadion Etihad tersebut sangat mengesankan. Dia pun membuat satu assist untuk membantu Bernardo Silva mencetak gol kedua Man City pada menit ke-70, setelah mereka membuka keunggulan melalui gol Rodri pada menit ke-27.

Lantaran Man City masih menyimpan delapan pertandingan Premier League dan melakoni leg kedua perempat final Liga Champions di markas Bayern, bukan mustahil Haaland semakin mempertajam rekornya. Patut ditunggu!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com