Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2023, 17:00 WIB
Frengky Tanto Wijaya,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Liverpool berhasil membuyarkan asa Arsenal menang dalam partai pekan ke-30 Liga Inggris 2022-2023. Liverpool vs Arsenal berakhir imbang dengan skor 2-2.

Dalam laga di Stadion Anfield, Minggu (9/4/2023) The Reds, julukan Liverpool, sempat tertinggal terlebih dahulu dari Meriam London akibat gol Gabriel Martinelli (8') dan Gabriel Jesus (28').

Liverpool asuhan Juergen Klopp kemudian mampu menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak oleh Mohamed Salah (42') dan Roberto Firmino (87'). 

Bahkan, sejatinya Liverpool bisa saja menang andai beberapa peluang bersih bisa dimaksimalkan, termasuk sepakan penalti yang gagal dikonversi oleh Mohamed Salah pada menit ke-54.

Baca juga: Hasil Liverpool Vs Arsenal 2-2: Drama 4 Gol, Firmino Penyelamat, Kutukan Anfield Berlanjut!

Manajer Arsenal, Mikel Arteta, mengakui bahwa pertandingan yang berlangsung di Merseyside tersebut berjalan dengan sangat intens.

"Pertandingan yang sangat intens. Kami memulai dengan sangat baik dan mendominasi, seperti apa yang kami inginkan," ujar Arteta, dilansir dari Football London

"Memulai dengan gol pertama dan mengambil alih permainan, lalu mencetak gol kedua. Di sana seharusnya kami dapat menyelesaikan permainan dengan gol ketiga," tuturnya menambahkan.

Arteta berujar bahwa gol pertama Liverpool di pengujung babak pertama memberikan angin segar dan momentum bagi Mohamed Salah dkk.

Baca juga: Hasil Liga Inggris: Liverpool Vs Arsenal 2-2, Man City Pesta, Man United Raup Tripoin

"Sebelum jeda turun minum, kami memberikan mereka harapan dengan gol tersebut. Kami kebobolan dan menciptakan rasa percaya bagi mereka dengan atmosfer yang spesial dari Anfield."

Mantan asisten pelatih Manchester City tersebut menyayangkan permainan The Gunners, julukan Arsenal, di babak kedua.

Menurutnya, Martin Odegaard cs terlalu banyak memberikan bola dengan mudah bagi Liverpool di area pertahanan sendiri.

"Babak kedua adalah cerita lain. Kami tidak memulai babak kedua dengan cara kami bermain karena kami memulai dengan baik lalu kemudian tidak melanjutkannya." 

Baca juga: Buang Keunggulan Lawan Liverpool, Arsenal Masih Tersiksa di Anfield

"Kami terlalu banyak memberi bola mudah bagi lawan, khususnya di area terlarang dan menerima hasil yang berbahaya dari transisi yang dilakukan mereka," ujar Arteta.

Arteta bertutur bahwa terdapat pelajaran positif yang dapat diambil oleh anak-anak asuhannya untuk menjalani delapan laga ke depan di Liga Inggris.

"Pelajaran penting yang dapat diambil dari hasil laga ini adalah kami harus bermain dengan cara di babak pertama melawan Liverpool," tuturnya menandaskan.

Arsenal kini masih berada di puncak klasemen Liga Inggris 2022-2023 dengan raihan 73 poin dari 30 laga.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Ditahan Liverpool, Posisi Puncak Arsenal dalam Ancaman Man City

The Gunners terpaut enam poin saja dari Manchester City (67) di posisi kedua klasemen.

The Citizens, julukan Man City, menyimpan sebuah keuntungan karena baru bermain dalam 29 laga Liga Inggris dan memiliki satu partai tunda yang belum dimainkan.

Selain itu, Man City akan berduel langsung dengan Arsenal di Etihad pada pekan ke-33 Liga Inggris, Kamis (27/4/2023) dini hari WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com