Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Putra Jacksen F Tiago, Hugo Samir, Hadapi Sedih Piala Dunia U20 Batal

Kompas.com - 31/03/2023, 07:20 WIB
Farahdilla Puspa,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemain timnas U20 Indonesia, Hugo Samir, kecewa batal tampil di Piala Dunia U20 2023 yang semula dijadwalkan digelar di Tanah Air pada 20 Mei-11 Juni 2023. 

Meski demikian, Hugo Samir yang merupakan anak kandung pelatih kenamaan Indonesia yaitu Jacksen F. Tiago, mengaku mendapat dukungan dari kedua orang tuanya. 

Hugo mengatakan bahwa orang tuanya tetap bangga sebab ia bisa membuktikan kemampuan diri dan berhasil membela timnas U20 Indonesia. 

"Saya sendiri sedih, kecewa, terpukul, karena belum tentu belum tentu ini bisa terjadi lagi di Indonesia karena kan mungkin sekali seumur hidup," ucap Hugo Samir kepada Kompas TV saat dirinya mengunjungi Menara Kompas pada Kamis (30/3/2023).

Baca juga: Respons Pemain Timnas U20 Indonesia soal Ancaman Sanksi FIFA

Hugo sendiri bercerita setelah mendapat kabar mengenai pembatalan tersebut, dirinya langsung menelepon Jacksen dan menangis.

Apalagi, ia mengutarakan kepada acara ROSI bahwa dirinya berjanji apabila Indonesia satu grup bersama Brasil, ia bertekad mencetak gol dengan kedua orang tuanya menonton di stadion.

"Benar-benar terpukul dan sedih. Orang tua saya pastinya sedih, tetapi mereka selalu membuat saya tersenyum," ucapnya. 

"Mereka juga bangga karena sejauh ini saya sudah berusaha, bisa berdiri di sini bukan hal mudah buat saya," ungkap Hugo Samir. 

"Saya belum ngobrol sama mama, pasti mama saya sedih sekali," tutur pemain berusia 18 tahun ini. 

Mimpi Hugo Samir dan para pemain timnas U20 untuk beraksi di Piala Dunia U20 2023 sirna setelah FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah. 

Baca juga: Dukungan Luis Milla Usai Indonesia Batal Gelar Piala Dunia U20 2023

Indonesia mendapat kesempatan berpartisipasi di Piala Dunia U20 sebagai tim tuan rumah. 

Namun, FIFA mencopot Tanah Air sebagai tuan rumah pada Rabu (29/3/2023).

Penolakan Gubernur Bali, I Wayan Koster, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, serta beberapa pihak lain terhadap kehadiran timnas Israel diduga menjadi alasan keputusan FIFA. 

FIFA dalam pernyataannya juga menuliskan kemungkinan memberikan sanksi kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). 

Hugo pun hanya bisa berharap Indonesia tidak dikucilkan setelah gagal menyelenggarakan Piala Dunia U20 2023. 

Baca juga: Shin Tae-yong Sakit Hati Piala Dunia U20 Batal Digelar di Indonesia

"Ke depannya cuma berdoa saja supaya Indonesia tidak dikucilkan dari dunia dan tetap ada sepak bola di negara saya tercinta," ungkap sang penyerang. 

Piala Dunia U20 2023 tetap akan berjalan sesuai jadwal yaitu pada 20 Mei-11 Juni 2023. FIFA akan mengumumkan tuan rumah baru dalam beberapa hari mendatang. 

Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengatakan bahwa Argentina menjadi satu-satunya negara yang mengajukan diri sebagai tuan rumah secara resmi. 

Media Argentina, TyC Sports, menyebutkan penunjukkan Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 akan diumumkan antara hari Sabtu (1/4/2023) dan Senin (4/4/2023). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com