Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala FA Man City Vs Burnley: Haaland Tak Bikin Kompany Ketakutan

Kompas.com - 18/03/2023, 16:00 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Kapten legendaris Man City yang kini jadi pelatih Burnley, Vincent Kompany, tak merasa takut dengan Erling Haaland.

Vincent Kompany akan menjalani laga bernuansa reuni dalam perempat final Piala FA 2022-2023 antara Man City vs Burnley di Stadion Etihad, Minggu (19/3/2023) dini hari WIB.

Kompany yang pernah menjabat kapten dan mempersembahkan empat titel juara Liga Inggris plus dua trofi Piala FA buat Man City akan berkunjung dalam kapasitas sebagai pelatih Burnley.

Pria asal Belgia yang semasa bermain dikenal sebagai bek tangguh itu mengaku tak merasa terancam dengan kehadiran penyerang Man City yang baru saja bikin 5 gol di Liga Champions tengah pekan silam, Erling Haaland.

“Sebab, saya secara alami adalah seorang petarung. Saya akan selalu menikmati pertarungan itu,” tutur Kompany kala ditanya apakah dirinya akan menikmati duel melawan Haaland yang lima kali membobol gawang RB Leipzig.

Baca juga: Grimsby Town Gemparkan Piala FA, Pasukan Ikan 5 Kali Bunuh Raksasa

Nyali besar Kompany itu jelas akan coba ditularkannya kepada personel Burnley yang kini memuncaki Championship Division, kasta kedua Liga Inggris.

Spirit tak kenal takut ala Kompany dibutuhkan Burnley untuk meredam Haaland yang kini sudah mengemas 39 gol dalam 36 partai bareng Man City di semua ajang.

Di mata Kompany, Haaland seperti pengecualian. Sebab, sang striker asal Norwegia itu bisa langsung menunjukkan ketajaman dan nyetel dengan sistem sang pelatih, Pep Guardiola.

Padahal, menurut Kompany, bukan hal yang gampang bagi seorang pemain baru untuk menyerap konsep sepak bola ala Pep Guardiola.

“Saya selalu ingat bermain untuk Pep, musim pertama selali sulit karena dia punya banyak informasi, banyak konsep berbeda dari tempat di mana Anda bermain sebelumnya, lalu Anda harus mewujudkannya,” ujar Kompany yang pernah dilatih Guardiola di City pada rentang 2016-2019.

“Saya ingat Riyad Mahrez nyaris selalu dicadangkan pada musim pertamanya. Haaland punya tekanan lebih dari pemain lain yang bergabung, pada musim pertama di usia muda, dituntut untuk berada di level terbaiknya.”

Baca juga: Hasil Drawing Perempat Final Liga Champions: Real Madrid Vs Chelsea, Man City Vs Bayern

“Kemampuannya mencetak gol sulit dipercaya dan permainannya secara umum meningkat,” kata Kompany memberikan analisis.

Kompany sejauh ini boleh dibilang berhasil menularkan semangat bertarung kepada anak asuhnya. Burnley tampil trengginas sepanjang musim 2022-2023.

Selain sukses menembus perempat final Piala FA 2022-2023, Burnley juga nyaman duduk di tangga teratas Championship Division dan mantap menatap promosi otomatis ke Premier League.

Tim beralias The Clarets itu unggul 13 poin dari Sheffield United di posisi kedua Championship Division.

Aura Kompany terlihat jelas jika menilik status Burnley sebagai pemilik lini defensif terbaik di kasta kedua Liga Inggris.

Pasukan arahan Kompany baru kemasukan 29 gol dari 37 pertandingan Championship Division.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com