Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tengah Kesulitan Arema FC, Joko Susilo Tanamkan Pemain Tidak Cengeng

Kompas.com - 16/03/2023, 14:20 WIB
Suci Rahayu,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.comArema FC masih menghadapi momen kurang bagus. Mereka kembali gagal meraih kemenangan di pentas Liga 1 2022-23.

Pada pekan ke-30 Liga 1 2022-2023 melawan Persis Solo di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (15/3/2023) sore, Arema FC hanya menuai hasil imbang.

Tim berjulukan Singo Edan ini harus legawa menerima satu poin setelah ditahan 1-1.

Gol Dendi Santoso pada menit ke-27 sempat membuka asa mengakhiri rentetan paceklik kemenangan Arema FC dalam tiga laga sebelumnya.

Namun gol penalti Fernando Rodriguez pada menit ke-67 membuyarkan kemenangan Arema FC yang sudah di depan mata.

Baca juga: Klasemen Liga 1 Usai Arema FC Diimbangi 10 Pemain Persis Solo

Kegagalan meraih poin penuh memperpanjang puasa kemenangan Arema FC dalam lima laga meski Joko Susilo sempat optimistis bisa menang lawan Persis.

Nyatanya mereka tak bisa menang. Tetapi Joko Susilo melihat ada hal positif yang ditunjukkan pemain Arema FC dalam laga itu.

Evan Dimas Darmono dkk menunjukkan mentalitas dan fighting spirit yang luar biasa dalam menghadapi tekanan selama pertandingan.

Menurut Joko Susilo tak mudah menunjukkan fighting spirit tinggi dan menanggapi tekanan bertubi-tubi di tengah performa inkonsisten dalam beberapa laga terakhir.

“Tentu kami tidak puas dengan hasil ini yang kedua sangat penting harus kami sampaikan penghargaan terhadap pemain-pemain Arema,” tutur pelatih yang biasa disapa Gethuk itu.

“Mereka begitu termotivasi dengan berbagai tekanan dan minimal bisa ambil poin di sini meskipun itu bukan target kami,” sambungnya.

Sejak dipercaya kembali memegang kendali Arema FC, Joko Susilo menekankan aspek mentalitas sebagai salah satu fokusnya dalam pembenahan tim.

Baca juga: Hasil Persis Solo Vs Arema FC 1-1: Singo Edan Ditahan 10 Pemain, Tren Buruk Berlanjut

Ia mengakui semenjak terjadinya insiden Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu, kondisi psikologis pemain memang terganggu.

Terbukti dari naik turunnya performa Arema FC termasuk tekanan dari berbagai pihak yang datang bertubi-tubi membuat kondisi para pemain sedikit terguncang dari sisi mental.

Joko Susilo pelatih Arema FC ketiga mulai pekan ke-29 Liga 1 2022-2023.Dokumentasi Arema FC Joko Susilo pelatih Arema FC ketiga mulai pekan ke-29 Liga 1 2022-2023.

Untuk itu ia memberi suntikan motivasi pada pemain untuk tidak cengeng dalam menghadapi tekanan.

“Saya selalu menanamkan kepada pemain tidak cengeng, apapun tekanan kepada kami. Mau dari situasi, dari suporter, dari pengadil jangan pernah motivasi turun,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com