Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia U20 2023, GBT Tinggal Fokus pada Perawatan

Kompas.com - 13/03/2023, 17:20 WIB
Frengky Tanto Wijaya,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memuji progres pengerjaan renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, yang menjadi bagian persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Dalam peninjauan stadion tersebut, Erick didampingi Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainuddin Amali dan Ratu Tisha, beserta jajaran pengurus PSSI dan LOC (Local Organizing Committee) Piala Dunia U-20 2023.

Menteri BUMN tersebut mengaku terharu dengan progres cepat yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selama dua bulan terakhir dalam memperbaiki Stadion GBT.

"Hari ini, saya terus terang terharu karena sesuai laporan kami, pemerintah daerah dan pusat selama dua bulan terakhir melakukan misi yang tidak mudah, yaitu mempersiapkan secara serius Piala Dunia U-20," ujar Erick Thohir, dilansir dari rilis pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Piala Dunia U20 2023: Drawing di Bali, Indonesia Harap Undian Menguntungkan

"Dengan kondisi yang ada saat ini, bisa dibilang GBT merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia," lanjut Erick memuji.

Erick juga mengapresiasi kerja sama apik Walikota Surabaya Eri Cahyadi, atas proses renovasi Stadion GBT untuk persiapan turnamen terbesar kedua FIFA tersebut.

"Renovasi lapangan sepak bolanya maksimal, begitu pula infrastruktur pendukungnya," kata pria yang juga memimpin langsung Panitia Lokal Piala Dunia U-20 2023 tersebut.

"Fasilitas ini merupakan bentuk keseriusan yang luar biasa. Terima kasih, Pak Walikota," sambungnya.

Baca juga: Piala Dunia U20 2023, Enam Stadion Akan Dipasang Fasilitas VAR

Eri menyebutkan bahwa semua catatan revisi dari FIFA yang masuk dalam ranah dari Pemkot Surabaya telah selesai dilakukan.

Revisi yang diminta FIFA dari Stadion GBT menyangkut beberapa aspek, seperti jalur disabilitas, area wartawan, tribune VIP, lahan parkir dan pagar lapangan.

Sebelumnya, akses disabilitas yang awalnya berada di gate 9-10 dan gate 13-14 dipindahkan ke area gate 1.

Selain itu, PLN Surabaya telah meningkatkan daya listrik untuk Stadion GBT, dari sebelumnya 197 kva menjadi 555 kva.

Baca juga: Erick Thohir Terkesan dengan Perkembangan GBT, Sebut Salah Satu Stadion Terbaik di Indonesia

"Kita harus mengapresiasi kerja sama yang apik dari semua pihak terkait, hal positif yang harus terus dijaga agar penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa sukses," ujar Erick.

Permasalahan terkait bau tak sedap di sekitar area stadion dan akses menuju Stadion GBT juga telah berhasil Pemkot Surabaya selesaikan.

Pihak Pemkot memberikan solusi seperti pembatasan operasional truk pengangkut sampah menjadi aktif hanya di malam hari dan rutin melakukan penyemprotan mikroorganisme EM6 yang bersifat organik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com