Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahmad Darmawan Sebut Peran Tim di Balik Suburnya Renan Alves

Kompas.com - 11/03/2023, 08:30 WIB
Suci Rahayu,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

 BANJARMASIN, KOMPAS.com – Nama Renan Alves kembali tampil sebagai pembeda saat Barito Putera mengandaskan perlawanan Persebaya Surabaya 2-1 di Stadion Demang Lehman Banjarbaru, Kamis (9/3/2023) lalu.

Renan Alves mencetak gol pada menit ke-80 dan mempertegas perannya dalam skuad Barito Putera pada laga pekan ke-29 Liga 1 2022-2023 tersebut. 

Bek tengah bertinggi 191 cm ini juga melakukan hal sama saat mengantar Barito menang dengan skor serupa melawan tim favorit juara, Persib Bandung, dua pekan lalu.

Berkat penampilan apiknya tersebut, Alves tercatat sebagai bek paling subur di Liga 1 2022-2023 dengan koleksi tujuh gol.

Baca juga: Hasil Barito Putera Vs Persebaya: Kalah 1-2, Tren Negatif Bajul Ijo Berlanjut

Pelatih Barito, Rahmad Darmawan, tak menampik bahwa Renan Alves memiliki peran cukup vital dalam tim. Namun, dengan tegas ia menyebut bahwa semua pemain memiliki peran penting bagi tim.

Secara kualitas dan skill, pemain asal Brasil itu memang menjadi salah satu pemain yang cukup bisa diandalkan tanpa mengesampingkan peran pemain lain.

Gol-gol yang diciptakan merupakan buah dari kerja sama tim termasuk gol penentu kemenangan saat melawan Persebaya.

Pemain asing Barito Putera di Liga 1 2021-2022, Renan Alves.KOMPAS.com/Suci Rahayu Pemain asing Barito Putera di Liga 1 2021-2022, Renan Alves.

Peran besar juga datang dari Rizky Pora dalam memberi crossing akurat sehingga bola bisa dileseakkan ke gawang lawan oleh pemain bernomor punggung 36 tersebut.

“Semua menjadi pemain penting buat saya karena dalam tim. Seorang pemain tidak bisa bermain sendiri, sebaliknya mereka butuh bantuan dari satu sama lain,” ujar pelatih yang biasa disapa RD itu.

“Renan Alves juga tidak bisa cetak gol kalau tidak ada umpan dari pemain lain dan pemain itu juga tidak bisa memberi bola yang bagus kalau Renan tidak ada di posisinya.”

“Jadi semua menjadi satu penting buat saya,” imbuhnya.

Nama Renan Alves selalu menjadi pilihan utama di jantung pertahanan Barito Putera sepanjang musim ini meski kursi pelatih kepala tim berganti beberapa kali, mulai dari Dejan Antonic, ke Rodney Goncalves, lalu Rahmad Darmawan.

Hingga pekan ke-29, pemain berusia 30 tahun itu sudah mencatatkan 27 kali main bersama tim dan mengemas tujuh gol.

Catatan tersebut melewati capaian Alves musim lalu bersama Barito yang hanya main 14 kali dan mengemas empat gol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com