Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persik Raih 4 Kemenangan Beruntun, Bukan karena Liga 1 Tanpa Degradasi

Kompas.com - 09/03/2023, 18:21 WIB
Adil Nursalam,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persik Kediri muncul sebagai tim kejutan menjelang akhir musim kompetisi Liga 1 2022-2023.  Macan Putih baru saja meraih empat kemenangan beruntun. 

Terkini, Persik sukses membekuk Persib Bandung dalam pertandingan pekan ke-29 Liga 1 2022-2023, Rabu (8/3/2023), di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Pelatih Persik, Divaldo Alves, kurang setuju jika ada yang beranggapan kebangkitan timnya ini dipicu penghapusan aturan degradasi oleh PSSI

Tak ada degradasi disebut membuat pemain Persik bermain lebih lepas tanpa beban, hingga berhasil mengalahkan RANS Nusantara FC (5-1), Arema FC (3-2), PS Barito Putera (2-0), dan Persib (2-0).

Baca juga: Kala Pelatih Persik Sebut Persib Bandung Barcelona di Indonesia

“Sebenarnya saya tidak fokus pada itu karena saya tidak tahu kalau itu (tidak ada degradasi) sudah jadi keputusan resmi. Saya hanya fokus pada pekerjaan kami saja,” kata Divaldo.

Menurutnya, meski tidak ada degradasi, tim-tim papan bawah akan tetap berjuang untuk mendapatkan posisi terbaik di akhir kompetisi nanti. 

Persik Kediri berjuang keras agar tidak finis di posisi tiga terbawah. Saat ini anak asuh Divaldo Alves ada di posisi 15 dengan 29 poin.

“Walaupun tidak ada degradasi tapi tetap ada kompetisi, artinya tim-tim tidak mau ada di papan bawah, kami berjuang benar-benar untuk keluar dari zona itu,” papar Divaldo.

“Mau itu resmi atau tidak kami tetap mencari posisi yang bagus, yang memang layak untuk tim kami,” tuturnya.

Baca juga: Persib Bandung Vs Persik Kediri: Marc Klok Bingung Maung Bandung Tampil di Bawah Standar

Pelatih asal Portugal itu mengapresiasi pemainnya yang mampu menunjukkan kebangkitan yang luar biasa lewat empat kemenangan beruntun. 

Persik kini dihadapkan tantangan untuk mempertahankan tren ini dalam sisa lima pertandingan.

Ujian selanjutnya datang pada pekan ke-30. Macan Putih akan menghadapi Persija Jakarta pada Minggu (12/3/2023) di Stadion Brawijaya, Kediri.

“Kami benar-benar kerja keras, mereka mulai kerja luar biasa, setiap sesi latihan. Setiap kali kami ke hotel, ke lapangan, suasana tim luar biasa, pemain ingin berjuang,” ujar Divaldo.

Baca juga: Hasil Persib Bandung Vs Persik Kediri, Luis Milla Akui Timnya Tampil Buruk

Arthur Irawan, pemain Persik, turut bangga dengan perjuangan satu tim melewati masa-masa sulit di liga. 

Baginya tanpa kerja keras, tim Macan Putih tidak dapat meraih kemenangan berharga, mengalahkan salah satu tim kandidat juara, Persib Bandung.

“Saya bangga dengan Persik Kediri, pemain, staf, pelatih, semua, tanpa kerja keras kami tidak bisa meraih kemenangan ini,” kata Arthur.

“Tapi kami juga harus memenangkan pertandingan, masih ada sisa lima pertandingan lagi, kami harus benahi posisi (di klasemen),” tutur Arthur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com