Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketum PSSI Erick Thohir Respons Kehadiran Israel di Piala Dunia U20 2023

Kompas.com - 02/03/2023, 08:40 WIB
Farahdilla Puspa,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, merespons kehadiran timnas Isreal di Piala Dunia U20 2023 yang akan digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023. 

Erick Thohir tak masalah dengan kehadiran timnas Israel meski negara tersebut tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. 

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu menegaskan bahwa setiap negara yang lolos ke Piala Dunia U20 2023 akan disambut dan dilayani dengan baik termasuk Israel. 

"Saya rasa begini, konteks polutik dan olahraga itu jadi bagian yang ada di seluruh dunia," kata Erick Thohir, dikutip dari Tribunnews. 

Baca juga: Kata STY Usai Indonesia Kalah dari Irak: Kami Punya Peluang, tetapi Tak Bisa Cetak Gol

"Saya rasa kita sebagai tuan rumah harus menyiapkan tim manapun yang bermain," ucap Erick Thohir melanjutkan. 

Erick Thohir melanjutkan bahwa Piala Dunia U20 merupakan bentuk kepercayaan FIFA dan dunia terhadap Indonesia. 

Keberhasilan menyelenggarakan Piala Dunia U20 2023 dinilai memperbesar peluang Indonesia menggelar event internasional lainnya seperti Piala Dunia dan Olimpiade. 

Oleh karena itu, guna memperlancar Piala Dunia U20 2023, Erick Thohir pun akan melibatkan Kemenko Polhukam dan Kementerian Luar Negeri. 

Baca juga: Erick Thohir Sebut Piala Dunia U20 2023 Bisa Jadi Batu Loncatan Tuan Rumah Piala Dunia Level Senior

"Khusus untuk beberapa negara yang ada isu diplomatik tentu kami akan mengelola secara hubungan luar negeri," ucap Erick Thohir. 

"Kami sudah melibatkan Kemenlu dan Kemenkopolhukam untuk menjaga hal-hal yang tidak kita inginkan, sehingga mimpi kita (menyelenggarakan) Piala Dunia dan Olimpiade itu sirna karena terbelenggu politik bukan event olahraganya," ucap dia. 

Piala Dunia U20 2023 menjadi kali pertama Israel tampil di ajang tersebut. Mereka melaju dari Zona Eropa bersama empat negara lainnya, yakni Inggris, Perancis, Italia, dan Slovakia. 

Termasuk Indonesia dan Israel, sebanyak 24 negara akan berpartisipasi pada Piala Dunia U20 2023. Ada enam stadion yang diproyeksikan untuk menyelenggarakan laga-laga Piala Dunia U20. 

Keenam stadion itu adalah Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com