Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sir Alex Ferguson Tak Pelit Ilmu, Ten Hag Pamer Pergantian Jitu di MU

Kompas.com - 24/02/2023, 17:20 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Sir Alex Ferguson tampak mengepalkan tangan dan menunjukkan wajah bahagia begitu melihat pergantian pemain jitu Erik ten Hag mengantarkan Man United menang atas Barcelona.

Pelatih legendaris, Sir Alex Ferguson, menjadi salah satu penonton yang memadati Stadion Old Trafford, panggung laga leg kedua fase playoff menuju 16 besar Liga Europa 2022-2023 antara Man United vs Barcelona, Jumat (24/2/2023) dini hari WIB.

Ekspresi Sir Alex, pelatih yang mengantar Man United meraih 28 trofi juara dalam 27 tahun masa kepemimpinan, tersorot jelas oleh kamera.

Ia tampak begitu lega, memberi aplaus, lalu mengepalkan tangan setelah melihat Antony mencetak gol pemasti kemenangan 2-1 Man United atas Barcelona.

Baca juga: Taktik Genius Ten Hag di Man United: Geser Posisi, Weghorst Nomor 10

Man United bangkit dan menang 2-1 setelah sempat tertinggal lebih dulu karena dibobol Robert Lewandowski (18') dari sepakan 12 pas.

Kebangkitan Man United terwujud berkat gol Fred (47') dan Antony (73'). Nama terakhir menjadi bukti kesekian tentang pergantian jitu yang dilakukan pelatih Man United, Erik ten Hag.

Antony baru dimasukkan Ten Hag pada pertengahan babak, menggantikan Wout Weghorst.

Manchester United memiliki 19 gol yang dicetak oleh pemain pengganti dalam berbagai ajang musim ini, terbanyak di antara tim di lima liga besar Eropa,” kata jurnalis Sky Sports, Adam Bate.

“Antony akan dinilai sebagai salah satu yang terpenting dan masuk menyusul sebuah perubahan krusial yang dilakukan Ten Hag saat jeda babak,” tutur Adam Bate melanjutkan.

Ketika Antony masuk, Ten hag lagi-lagi melakukan penyesuaian formasi.

Bruno Fernandes yang awalnya mentas di sisi penyerang sayap kanan, bergeser ke tengah, ke pos penyerang lubang, persis di belakang sang ujung tombak, Marcus Rashford.

Baca juga: 6 Cara Erik Ten Hag Mengubah Man United

Antony mengisi peran yang ditinggalkan Bruno Fernandes di sektor kanan penyerangan. Jadon Sancho lalu bergeser sedikit ke kiri.

Pergantian tersebut terbukti tokcer. Bruno Fernandes mengkreasi gol penyama kedudukan yang diciptakan Fred, setelah ia merangsek ke sisi kiri.

Gol Antony pada menit ke-73 menjadi bukti lanjutan soal buah manis penyesuaian taktikala  Erik ten Hag.

Sejak melatih Man United mulai musim 2022-2023 ini, Erik ten Hag berulangkali menunjukkan kejelian dalam membaca situasi laga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com