Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Apresiasi Gagasan Presiden Jokowi Bangun TC di IKN

Kompas.com - 24/02/2023, 16:45 WIB
Frengky Tanto Wijaya,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, turut serta dalam kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo ke Kawasan IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Erick mengapresiasi rencana dan gagasan Presiden Jokowi yang ingin menghadirkan pusat latihan sepak bola untuk Timnas Indonesia di Kawasan IKN.

“Sebuah kehormatan yang luar biasa Bapak sudah memutuskan pembangunan training center di tengah kota,” kata Erick dalam rilis pers dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Pusat Latihan Sepakbola Indonesia akan dibangun di kawasan sub wilayah perencanaan (SWP) 1B IKN.

Baca juga: FIFA Akan Biayai Pembangunan Lapangan Bola di IKN

“Ini merupakan sesuatu yang kami pastikan akan selesai segera, Pak,” lanjut pria yang pernah menjadi presiden klub Inter Milan tersebut.

Pembangunan pemusatan latihan Timnas Indonesia di Kawasan IKN akan dibiayai FIFA selaku induk organisasi sepak bola internasional.

“Ini akan dibiayai oleh FIFA menunjukkan bahwa kepercayaan internasional, kepercayaan FIFA terhadap IKN ini ada,” ujar Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Kawasan IKN.

Presiden Jokowi juga menyebutkan bahwa pembangunan lapangan bola dan pusat latihan Tim Nasional Indonesia tersebut untuk mendukung kemajuan persepakbolaan Indonesia.

Baca juga: Pusat Latihan Sepak Bola di IKN Dibiayai FIFA, Jokowi: Menunjukkan Kepercayaan Internasional

Pembangunan fasilitas latihan untuk Timnas Indonesia juga menjadi salah satu janji Erick Thohir ketika terpilih menjadi Ketua Umum PSSI yang baru.

Terdapat delapan janji yang diutarakan Erick kala itu yang berfokus membenahi sepak bola Indonesia dari segala sisi, seperti dari internal PSSI, kompetisi liga, kualitas wasit, suporter, dan juga Timnas Indonesia.

Adapun Presiden Jokowi menargetkan pusat latihan tersebut dapat selesai dalam kurun waktu satu tahun ke depan.

“Lapangan sepak bolanya PSSI ini akan segera dikerjakan dan diharapkan selesai tidak lebih dari satu tahun,” ujar Jokowi.

Baca juga: Training Center Timnas Sepak Bola Akan Dibangun di IKN, Jokowi: Ada 8 Lapangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com