Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora Kukuhkan Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia

Kompas.com - 23/02/2023, 11:00 WIB
Rafiandra Putra Andika,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali mengukuhkan berdirinya Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia (PN-SSI) dengan tujuan suporter yang lebih baik ke depannya.

Acara pengukuhan PN-SSI oleh Menpora diselenggarakan di Auditorium Kemenpora, Senayan, Jakarta pada Rabu (22/2/2023).

PN-SSI dibentuk dengan harapan bisa membentuk ekosistem sepak bola yang kondusif dan semua dimulai dari para suporter.

Menpora juga menjelaskan bahwa pengukuhan PN-SSI ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, khususnya tentang pasal terkait suporter.

Baca juga: Zainudin Amali Kembali Isyaratkan Mundur dari Jabatan Menpora

Melalui PN-SSI ini, Menpora meminta kepada para anggota yang baru dikukuhkan untuk mensosialisasikan kepada suporter di daerah, baik pendukung klub Liga 1, Liga 2, maupun Liga 3.

"Yang paling penting adalah semangat dan tekad saudara yang baru saja dikukuhkan untuk mewujudkan satu ekosistem sepak bola yang baik."

"Ekosistem sepak bola yang enak untuk ditonton, dan juga punya prestasi nasional dan internasional," ujar Menpora dalam acara pengukuhan.

Menpora berharap bahwa presidium suporter ini tidak hanya terbentuk di pusat, namun juga akan ada di daerah-daerah, sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

Baca juga: Jawaban Zainudin Amali soal Status Menpora Usai Jadi Waketum PSSI

"Saya berharap, nanti bukan hanya di tingkat pusat tetapi akan terbentuk di daerah-daerah dan yang paling utama adalah di klub-klub, baik di Liga 1, Liga 2, Liga 3," kata Menpora menambahkan.

"Karena perintah Undang-Undang mereka harus berada dalam satu organisasi, begitu" tambah Menpora.

Sementara itu Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi yang juga menghadiri acara pengukuhan tersebut berharap dengan adanya PN-SSI suporter menjadi lebih tertib.

Agung berharap agar dengan suporter yang lebih tertib dan kondusif, tidak akan ada lagi kejadian-kejadian yang merenggut korban jiwa di sepak bola Indonesia.

Baca juga: Komite Ad Hoc Suporter, Upaya Erick Thohir Cegah Tragedi Kanjuruhan Terulang

"Jadi supaya bagaimana kita bersama-sama mengelola suporter ini agar kemudian aman dan selamat," ujar Agung dalam kesempatan yang sama.

"Dua hal ini yang ingin kita capai dalam setiap pertandingan, supaya suporter ini selamat dari hal-hal yang tidak kita harapkan, ini jadi langkah-langkah kita untuk kita lakukan bersama."

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir juga telah mengumumkan bahwa akan ada komite Ad-hoc di PSSI yang akan mengurusi suporter. Menpora berharap PN-SSI bisa berkolaborasi juga dengan komite PSSI itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com