Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darah Hijau Sho Yamamoto, Bikin Persebaya Lupa Marukawa

Kompas.com - 20/02/2023, 20:40 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih Persebaya, Aji Santoso, kembali melontarkan pujian kepada Sho Yamamoto.

Pemain asal Jepang tersebut dinilai tidak hanya sekadar pekerja keras yang bermain bagus, namun juga sosok pemain berdarah hijau Persebaya.

Darah hijau adalah sebutan bagi pemain-pemain yang punya dedikasi dan totalitas luar biasa untuk Persebaya. Sebuah karakter yang langka dimiliki pemain asing.

Aji Santoso menceritakan pekan ke-25 Liga 1 2022-2023 kala Persebaya Surabaya takluk 0-4 dari Bali United di Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu (18/2/2023) sore.

Dalam laga tersebut, Sho Yamamoto tampil menjadi starter, namun aksinya kurang memuaskan dan menurun, tidak seperti biasanya.

Padahal, Sho, pencetak 8 gol dan 6 assist musim ini tersebut biasanya menjadi motor serangan utama tim berjuluk Bajul Ijo.

Baca juga: Aji Santoso Beberkan Biang Terputusnya Rekor Persebaya

Ternyata, penurunan performa Sho Yamamoto disebabkan karena kondisi kakinya yang sedang bermasalah. Sho terpaksa tetap bermain lantaran Bajul Ijo membutuhkan banyak tenaga untuk melawan Bali United.

Aji Santoso mengungkapkan, sebenarnya ia berusaha mencari alternatif, supaya Sho Yamamoto bisa beristirahat.

Namun, pemain bernomor 14 itu mengajukan permintaan secara khusus supaya tetap diturunkan.

“Sho anak ini mentalitasnya luar biasa. Dia main dalam kondisi tidak fit ankle-nya main terakhir kena. Tapi, saya tanya dia masih mau main. Makanya dia tidak maksimal karena kaki kanannya dia sakit,” ujar Aji Santoso, pelatih berlisensi AFC Pro.

“Ya, kami memang tidak ada stok di posisi itu jadi dia memaksa dan Sho ngotot main, saya apresiasi permainannya,” tuturnya menambahkan.

Pemain Persebaya Surabaya Sho Yamamoto saat pertandingan pekan ke-20 Liga 1 2022-2023 melawan Bhayangkara FC yang berakhir dengan skor 2-1 di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Senin (23/1/2023) sore.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Persebaya Surabaya Sho Yamamoto saat pertandingan pekan ke-20 Liga 1 2022-2023 melawan Bhayangkara FC yang berakhir dengan skor 2-1 di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Senin (23/1/2023) sore.

Dedikasi dan totalitas tersebut membuat Sho punya tempat tersendiri di hati fan Persebaya.

Padahal, menoleh ke belakang, kedatangan Sho Yamamoto awalnya kurang mendapatkan sambutan baik dari publik Surabaya, yang saat itu belum bisa lepas dari sosok Taisei Marukawa.

Baca juga: Sho Yamamoto ke Persebaya, Langsung Singgung Peran Taisei Marukawa

Namun, kini kondisi sudah berbalik. Sho sudah berhasil membantu Persebaya beranjak dari Taisei Marukawa dan menorehkan ceritanya sendiri.

“Dulu pertama dia masuk banyak orang tidak percaya. Sekarang Sho luar biasa. Kalo secara statistik lebih bagus daripada si Marukawa, dia sudah cetak 7 gol,” tutur Aji Santoso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com