Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir: FIFA Berharap Indonesia Bisa Gelar Piala Dunia 2040

Kompas.com - 20/02/2023, 15:40 WIB
Faishal Raihan

Penulis

KOMPAS.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut bahwa Presiden FIFA Gianni Infantino berharap Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2040.

Jajaran pengurus PSSI periode 2023-2027 mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Senin (20/2/2023).

Organisasi yang dipimpin oleh Erick Thohir itu diminta segera memuat blue print (cetak biru) atau rencana kerja untuk persepakbolaan nasional.

"Kami mendapat arahan bagaimana sepak bola harus punya blue print, baik jangka pendek, menengah, dan panjang," kata Erick Thohir, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: 3 Dukungan Pemerintah pada PSSI, dari Pembangunan hingga Pemberantasan Mafia

Setelah mendapat arahan, Erick Thohir beserta jajarannya berkomitmen untuk merealisasikan cetak biru sepak bola Tanah Air.

"Ini menjadi komitmen kami bahwa blue print sepak bola ini haru segara terjadi," kata Erick Thohir.

"Insya Allah kita buktikan dengan kepengurusan yang baru, kita bisa bekerja maksimal untuk sepak bola Indonesia," imbuhnya.

Pembuatan blue print ini juga terkait dengan potensi Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2040.

Baca juga: 3 Gebrakan Erick Thohir Usai Jadi Ketua Umum PSSI

Erick Thohir menyampaikan bahwa Presiden FIFA Gianni Infantino mengharapkan Indonesia bisa menggelar pesta sepak bola empat tahunan itu.

"Diskusi Bapak Presiden Joko Widodo dengan Presiden FIFA di G20, salah satunya Indonesia diharapkan bisa menjadi tuan rumah kejuaraan dunia 2040," kata Erick Thohir.

"Artinya, tentu kita harus punya blue print menuju 2040. Apakah itu di program, infrastruktur, percepatan tim nasional, atau pun pembinaan secara menyeluruh," imbuhnya.

"Kalau blue print tidak ada ujungnya, ya hanya blue print saja dan kalau blue print ini ada tujuan besar, siapa pun pemerintahnya, siapa mentertinya, siapa pun ketua PSSI-nya, kita punya tujuan yang sama," tutur Erick Thohir.

Baca juga: Penjelasan Waketum PSSI Ratu Tisha soal Komite Ad Hoc Suporter Bentukan Erick Thohir

Dalam waktu dekat, Erick Thohir akan menggelar sarasehan atau pertemuan dengan para stakeholder sepak bola Indonesia pada 4 Maret mendatang.

"Kami baru akan mengadakan sarasehan sepak bola 4 Maret nanti, khusus Liga 1 dan Liga 2. Habis itu Liga 3, Asprov, dan wasit," tutur mantan presiden Inter Milan itu.

"Tentu setelah ini jadi baru kami bisa menciptakan blue print secara jangka panjang. Sekarang kami kembalu fokus ke kejuaraan dunia umur 20 (Piala Dunia U20)," ucap Erick Thohir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com