Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shin Tae-yong Minta Timnas U20 Indonesia Tak Lempar Tanggung Jawab

Kompas.com - 20/02/2023, 05:00 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih timnas U20 Indonesia, Shin Tae-yong (STY), berbicara tentang pengorbanan dan tanggung jawab seusai timnya takluk 1-2 dalam laga persahabatan kontra Selandia Baru.

Laga Timnas U20 Indonesia vs Selandia Baru berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, pada Minggu (19/2/2023) malam WIB.

Shin Tae-yong mulai berbicara terkait pengorbanan dan tanggung jawab ketika ditanya soal mentalitas para pemain timnas U20 Indonesia yang tengah bersiap tampil pada Piala Asia U20 2023.

Pelatih asal Korea Selatan itu menjelaskan bahwa dirinya selalu berpesan kepada para pemain untuk memiliki mentalitas rela berkorban selama di lapangan.

Baca juga: Hasil Timnas U20 Indonesia Vs Selandia Baru 1-2: Garuda Muda Kalah dari 10 Pemain

Shin Tae-yong juga ingin para pemain bertanggung jawab atas tugas masing-masing dan tidak melimpahkannya kepada rekan setim.

Menurut Shin Tae-yong, mentalitas rela berkorban dan tanggung jawab itu dibutuhkan untuk meraih hasil positif dalam pertandingan.

"Memang saat ini tim belum sempurna. Penting juga bahwa hasil baik, tapi saya selalu tegaskan agar para pemain bisa melakukan pengorbanan diri untuk tim," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers seusai laga kontra Selandia Baru.

"Saya juga sudah tegaskan ke pemain supaya tidak jadi alasan, dan jangan mengalihkan tanggung jawab ke teman, tetapi harus bisa membawa tanggung jawab sendiri," ujar Shin Tae-yong.

Baca juga: Jadwal Timnas U20 Indonesia Usai Kalah dari Selandia Baru: Melawan Tim Terkuat

Setelah itu, Shin Tae-yong meminta para pendukung timnas U20 Indonesia untuk selalu mendukung proses perkembangan skuad Garuda Muda yang dalam waktu dekat bakal berjuang pada dua ajang bergengsi.

Timnas U20 Indonesia tengah menjalani masa persiapan untuk berjuang dalam ajang Piala Asia U20 2023 (mulai 1 Maret) dan Piala Dunia U20 2023 (mulai 20 Mei).

"Saya selalu tegaskan pengorbanan diri, kerja sama. Seperti yang dilihat, proses Indonesia untuk laga hari ini dan sebelumnya, ini ada peningkatan," ucap Shin Tae-yong.

"Jadi, saya mohon dukungan penuh dari fan Indonesia," tutur Shin Tae-yong menambahkan.

Baca juga: Timnas U20 Indonesia Vs Selandia Baru, Maaf dan Tuntutan dari Shin Tae-yong

Timnas U20 Indonesia menelan kekalahan dari Selandia Baru dengan skor 1-2.

Sepasang gol yang membuat timnas U20 Indonesia menelan kekalahan dicetak oleh Oliver John Colloty (58') dan Jay Joshua Herdman (70'). 

Sementara itu, satu gol balasan yang dicetak timnas U20 Indonesia lahir berkat sundulan Muhammad Ferarri (90+3').

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com