Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KLB PSSI 2023, Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia Kirim Dua Wakil

Kompas.com - 13/02/2023, 23:40 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) mengirim dua wakil untuk berjuang di Kongres Luas Biasa (KLB) PSSI 2023 yang rencananya akan berlangsung pada 16 Februari mendatang.

Adapun kedua wakil yang dimaksud adalah Monica Desideria (Wakil Ketua Umum ASBWI) dan Dr Zulkarnaen (Exco ASBWI). Mereka dicalonkan menjadi bakal calon Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027.

Monica Desideria merupakan sosok yang dekat dengan dunia olahraga nasional. Dia memulai karier sebagai pembawa acara program olahraga di salah satu stasiun televisi nasional.

Selama berkarier di dunia pertelevisian, Monica Desideria pernah menjabat sebagai sport manager

Baca juga: Saran Hamka Hamzah ke Pengurus PSSI: Fokus Sepak Bola, Kurangi Politik

Pada saat itu, Monica Desideria bersama timnya mampu menyabet penghargaan The Best Sport Program di Asia selama tiga tahun berturut-turut.

Selain itu, dia juga pernah meraih penghargaan presenter olahraga terbaik kedua di Asia dan Panasonic Award.

Lalu, Monica Desideria melanjutkan karier menjadi manajer produksi hingga GM Marketing and Coporate Communication di salah satu tv nasional.

Wanita yang akrab dipanggil "Mak Monde” itu juga sebelumnya pernah menjadi Komite AdHoc Sepak Bola Wanita dan Wakil Komite Media di PSSI.

Baca juga: Pencalonan Erick Thohir Dianggap Langgar Statuta PSSI, Penjelasan Persib Disanggah

Monica Desideria juga aktif di berbagai aktivitas sepak bola wanita lainnya. Dia pun menjadi wanita pertama di Indonesia yang menjadi Anggota Komite Sepak Bola wanita di AFC pada 2007.

Saat ini, Monica Desideria memberikan dedikasinya untuk sepak bola wanita karena terpilih menjadi Wakil Ketua Umum ASBWI. 

Dia ingin mewujudkan cita-citanya membentuk “Dream Team” timnas sepak bola wanita yang akan menjadi juara Piala Asia 2038.

“Sepak bola Indonesia terutama sepak bola wanita harus menjadi fokus PSSI. Lewat sistem yang terstruktur, kompetisi berjenjang, pembinaan usia muda, dan tentunya didukung oleh seluruh stakeholder sepak bola di Indonesia," kata Monica dalam rilis yang diterima KOMPAS.com, Senin (13/2/2023).

Baca juga: Janji La Nyalla jika Terpilih Jadi Ketum PSSI, Subsidi Rp 1 Miliar untuk Tiap Asprov

"Sehingga, sepak bola wanita bisa lebih berprestasi lagi dan setara dengan pria, dan tentunya membawa timnas wanita Indonesia lebih berprestasi di level Internasional,” ujar Monica.

Sementara itu, Dr Zulkarnaen juga aktif di sepak bola nasional sejak 2016 menjadi Komite AdHoc PSSI bagian Percepatan Pengembangan Sepak Bola Indonesia hingga 2020.

Dia juga pernah menjabat Wakil Ketua Umum ASBWI periode 2017-2022 dan saat ini menjadi Komite Eksekutif ASBWI.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com