Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Jelang Real Madrid Vs Al Hilal di Final Piala Dunia Antarklub

Kompas.com - 11/02/2023, 08:40 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Real Madrid akan melawan Al Hilal pada final Piala Dunia Antarklub atau FIFA Club World Cup 2022. 

Laga Real Madrid vs Al Hilal digelar di Stadion Prince Moulay Abdellah, Maroko, Sabtu (11/2/2023) atau Minggu (12/2/2023) 02.00 WIB. 

Real Madrid melaju ke final Piala Dunia Antarklub 2022 setelah menumbangkan Al Ahly dengan kemenangan 4-1. Sementara itu, Al Hilal lolos usai mengalahkan Flamengo 3-2. 

Dikutip dari situs resmi FIFA, ada beberapa fakta menjelang laga Real Madrid vs Al Hilal di final Piala Dunia Antarklub 2023. 

Baca juga: Jadwal Piala Dunia Antarklub 2022, Final Real Madrid Vs Al Hilal

1. Tidak ada satu pun final Piala Dunia Antarklub sejak edisi 2000 yang dimainkan tanpa partisipasi pemain Brasil.

Hal itu dipastikan berlanjut karena Real Madrid memiliki Eder Militao, Rodrygo, dan Vinicius Junior. Sementara, Al Hilal diperkuat Michael yang juga berkebangsaan Brasil. 

2. Barcelona mencatatkan kemenangan terbesar di final Piala Dunia Antarklub dengan skor 4-0 atas Santos pada 2011. 

Hasil itu sempat menjadi kemenangan terbesar, tak hanya di final, tetapi juga di ajang Piala Dunia Antarklub secara keseluruhan, sampai Al Hilal mengalahkan Al Jazira 6-1 pada 2021. 

Baca juga: Real Madrid vs Al Hilal, Kroos Siap Jadi Raja Piala Dunia Antarklub

3. Gelandang Real Madrid, Toni Kroos, berpeluang menjadi pemain pertama yang mengoleksi 6 gelar juara Piala Dunia Antarklub. Ia meraih empat trofi bersama Real Madrid pada 2014, 2016, 2017, dan 2018. Adapun satu titel lainnya diraih bersama Bayern Muenchen pada 2013. 

4. Enam final pertama didominasi tim-tim Eropa dan Amerika Selatan. Al Hilal akan menjadi tim keenam di luar benua tersebut yang tampil di final Piala Dunia Antarklub dalam 13 edisi terakhir. 

Sebelum Al Hilal, tim-tim di luar benua Eropa dan Amerika Selatan yang ke final yaitu TP Mazembe, Raja Casablanca, Kashima Antlers, Al Ain, dan Tigres. 

5. David Alaba dan Antonio Ruediger akan masuk dalam daftar pemain yang menjadi juara Piala Dunia Antarklub dengan dua tim berbeda jika Real Madrid menang. 

Alaba mengangkat trofi Piala Dunia Antarklub 2013 bersama Bayern Muenchen, sedangkan Anotnio Ruediger sebelumnya juara edisi 2021 saat membela Chelsea. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com