Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Kapten Mbappe Picu Masalah, PSG Akui Salah Komunikasi

Kompas.com - 27/01/2023, 23:31 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Pelatih PSG, Christophe Galtier, menyebut telah ada salah komunikasi soal status Kylian Mbappe sebagai wakil kapten tim.

Galtier melakukan klarifikasi terkait hierarki kapten timnya dalam konferensi pers jelang laga pekan ke-20 Liga Perancis 2022-2023 kontra Reims, Jumat (27/1/2023).

Sang pelatih merasa perlu meluruskan perihal ini karena berpotensi membuat panas ruang ganti.

Mbappe sebelumnya diberikan kesempatan mengenakan ban kapten kala PSG menggilas Pays de Cassel 7-0 pada babak 32 besar Piala Perancis 2022-2023 di Stadion Bollaert-Delelis, Lens, Selasa (24/1/2023) dini hari WIB. 

Baca juga: Saat Kylian Mbappe Ketahuan Tonton Real Madrid via HP...

Jabatan kapten diemban Mbappe karena PSG tampil minus Marquinhos yang mengalami cedera. Pada situasi normal, Marquinhos adalah kapten utama PSG.

"Hal tersebut telah ditentukan sejak awal musim," kata Galtier soal alasan Mbappe mengenakan ban kapten dalam duel kontra Pays de Cassel.

Pernyataan Galtier tersebut memicu reaksi negatif dari Presnel Kimpembe, yang merasa dirinya adalah wakil kapten riil PSG. 

Sebagai informasi, Kimpembe juga tak bisa bermain dalam partai melawan Pays de Cassel lantaran masalah tendon achilles.

Meski begitu, tetap saja Kimpembe merasa dilangkahi dengan keluarnya pernyataan Galtier tadi.

"Saya tidak diberi tahu tentang keputusan ini. Itu sepenuhnya keliru. Walau begitu, saya selalu menghormati keputusan klub," tulis Kimpembe melalui media sosial.

Baca juga: Kabar PSG: Alasan Messi Tolak Perpanjang Kontrak, Mbappe Jadi Wakil Kapten

Galtier pun mengaku bersalah dan menyebut semua ini hanyalah kesalahan komunikasi. 

"Saya menjelaskannya dengan buruk, saya tidak menduga pertanyaan itu," kata Galtier dalam konferensi pers jelang laga versus Reims, Jumat (27/1/2022)

Ternyata, Mbappe secara mutlak bukanlah wakil kapten PSG. Secara hierarki, ia ada di belakang Kimpembe dan Marco Verratti.

"Kylian adalah bagian dari jajaran wakil kapten tim ini. Ada empat wakil kapten, Kim (Kimpembe), Marco (Verratti), Kylian, dan Sergio (Ramos)," kata Galtier seperti dilansir dari Le Figaro.

"Setiap kali Kim ada di lapangan tanpa Marqui (Marquinhos), dia memakai ban kapten. Ada sebuah kriteria penting di mata saya, yakni senioritas, meski itu bukan satu-satunya," kata Galtier menjelaskan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com