Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 07:02 WIB

BEKASI, KOMPAS.com – Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, tak mempermasalahkan kehadiran suporter tuan rumah saat bertandang ke kandang Persija Jakarta di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (25/1/2023) sore.

Laga Liga 1 2022-2023 Persija vs PSM menjadi duel klasik di Indonesia yang tentu akan menyedot atensi pendukung kedua tim.

Apalagi, saat ini kedua tim sama-sama masih memiliki peluang untuk menjadi juara kompetisi.

PSM duduk di peringkat pertama Liga 1 dengan 38 poin dari 19 laga sementara Persija menguntit di peringkat keempat dengan hanya terpaut tiga angka.

Baca juga: Persija Vs PSM: Antusiasme Suporter sebagai Sebuah Indentitas Sepak Bola

Bernardo Tavares mengaku ingin menjadikan situasi ini sebagai tambahan energi. Ia berharap pemain PSM menikmati laga dan dapat bermain dengan gaya mereka sendiri.

“Tentu saja suporter mayoritas Persija dan kami harap juga ada suporter PSM agar bisa menonton karena ini penting untuk memberikan tenaga ekstra kepada pemain-pemain kami,” ujar pelatih asal Portugal tersebut.

Aktivitas transfer jor-joran Persija Jakarta pada awal musim memberi tuntutan pada tim berjuluk Macan Kemayoran itu untuk meraih prestasi terbaik musim ini.

Apalagi, mereka mendatangkan pelatih dan pemain asing berkualitas yang pernah mentas di kompetisi sepak bola Eropa: Eks pelatih Borussia Dortmund, Thomas Doll, dan empat pemain asing yakni Yusuf Helal, Michael Krmencik, Hanno Behrens, dan Ondrej Kudela.

Baca juga: Klasemen Liga 1: PSM Belum Goyah, Persib Geser Persija

Menurut Bernardo Tavares, tuntutan tersebut menjadi tekanan tersendiri bagi Persija Jakarta pada laga papan atas nanti.

Sebaliknya, ia menilai PSM tidak tertekan dengan keadaan ini.

“Saya tidak mau tekanan ada di kami, seharusnya tekanan ada di Persija di mana mereka mempunyai tim berkualitas. Tentu, misi mereka bukan berada di posisi sekarang,” ungkap pelatih berlisensi UEFA Pro tersebut.

“Dengan pemain-pemain berkualitas, pelatih dari Jerman dan tentu saja misi mereka untuk menjadi juara musim ini,” sambungnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+