Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata-kata Pertama Shayne Pattynama Usai Resmi Jadi WNI

Kompas.com - 24/01/2023, 18:36 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pesepak bola kelahiran Belanda, Shayne Elian Jay Pattynama, telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). 

Shayne Pattynama resmi menjadi WNI setelah mengucap sumpah janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta pada Selasa (24/1/2023) sore WIB. 

Setelah resmi mendapatkan kewarganegaraan Indonesia, Shayne Pattynama mengaku senang dan bangga. 

Bek kiri berusia 24 tahun itu merasa telah mencapai salah satu impian yang ia bangun bersama sang ayah. 

Baca juga: Resmi, Bek Kelahiran Belanda Shayne Pattynama Jadi WNI

Dari ayahnya itu lah, Shayne Pattynama memperoleh darah Indonesia. 

"Saya sangat, sangat bahagia akhirnya resmi menjadi warga negara Indonesia. Sudah lama merasa seperti orang Indonesia, dan sekarang saya resmi menjadi orang Indonesia," kata Shayne Pattynama kepada awak media. 

"Saya sangat bangga dan bahagia menjadi orang Indonesia. Ayah saya yang ada di surga sekarang akan melihat ke bawah dan bangga kepada saya," imbuhnya 

"Saya tak punya kata-kata lagi. Saya sangat bangga," tutur Shayne Pattynama menegaskan. 

Baca juga: Hari Ini, Shayne Pattynama Akan Jalani Pengambilan Sumpah Jadi WNI

Setelah ini, Shayne Pattynama rencananya akan melanjutkan proses pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan paspor sebelum kembali ke klubnya, Viking FK (di Liga Norwegia). 

Pesepak bola kelahiran Belanda Shayne Pattynama saat mengucap sumpah janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta pada Selasa (24/1/2023) sore WIB.KOMPAS.com/ Benediktus Agya Pradipta Pesepak bola kelahiran Belanda Shayne Pattynama saat mengucap sumpah janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta pada Selasa (24/1/2023) sore WIB.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap Shayne Pattynama bisa segera bergabung dengan timnas Indonesia dan beradaptasi dengan pemain-pemain lain. 

"Segera bisa bergabung dengan tim nasional kita. Kita tunggu untuk persiapan turnamen berikutnya," kata Mochamad iriawan. 

"Tentunya kita harap Shayne bisa segera kembali ke Indonesia dan bergabung dengan timnas kita," ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi Sudah Tanda Tangan Keppres Naturalisasi Shayne Pattynama

Kini, Shayne Pattynama telah resmi menyusul dua pesepak bola keturunan Eropa lain yang lebih dulu merampungkan proses naturalisasi, yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Sandy Walsh dan Jordi Amat telah mengambil sumpah WNI pada 17 November 2022. 

Bahkan, Jordi Amat sudah tampil membela timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 yang berakhir pada Januari lalu. 

Shayne Pattynama, Sandy Walsh, dan Jordi Amat diproyeksikan bisa memperkuat timnas Indonesia pada Piala Asia 2023, Juni mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com