Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Siap Kompetisi, Javier Roca Siapkan Banyak Opsi

Kompas.com - 18/01/2023, 19:00 WIB
Suci Rahayu,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com – Pelatih Arema FC, Javier Roca, mengaku memiliki banyak opsi untuk menyiapkan tim dalam menanggapi perubahan-perubahan yang seringkali terjadi di Liga 1 2022-2023.

Arema FC seharusnya melakoni laga pekan ke-18 Liga 1 2022-2023 menghadapi Borneo FC.

Namun, pertandingan tersebut ditunda karena tidak mendapat izin untuk menggelar laga home di Stadion Sultan Agung (Bantul) dan Stadion Jatidiri (Semarang).

Hal itu terjadi imbas dari Tragedi Kanjuruhan yang berujung pada tuntutan berbagai pihak untuk menolak tim berjuluk Singo Edan bermarkas di daerahnya.

Komisi Disiplin PSSI menjatuhkan sanksi Arema FC tidak diperkenankan bermain di wilayah Malang Raya dan harus bermarkas sejauh 250 km dari kota Malang.

Baca juga: Tanggapan Javier Roca soal Jalan Terjal Arema FC pada Putaran Kedua Liga 1

Menghadapi situasi pelik tersebut, Javier Roca lebih fokus pada aspek teknis.

Sebagai pelatih, ia mempersiapkan tim menghadapi laga per laga dengan lawan yang memiliki gaya permainan beragam.

Ditundanya laga melawan Borneo FC membuat Arema FC langsung mengalihkan fokus ke laga pekan ke-19 Liga 1 2022-2023 menghadapi PSIS Semarang, Sabtu (21/1/2023).

Ia menilai gaya permainan Borneo FC dan PSIS Semarang berbeda sehingga perlakuan yang diberikan kepada pemain juga berbeda.

Wes, lupakan dan mulai Senin kemarin kita sudah persiapkan tim menghadapi PSIS Semarang,” kata pelatih asal Chile tersebut.

“Untuk lawan Borneo kemarin kami siapkan tim lebih fight karena Borneo punya ciri khas fight satu lawan satu. Kalau Semarang (PSIS) kan pemain ringan-ringan semua mengandalkan kecepatan.”

“Kami siapkan semua, nah itu yang bikin pusing pelatih karena saya tahu di Indonesia berubah setiap saat,” sambungnya.

Baca juga: Arema FC Ditolak Suporter dan Didesak Mundur dari Kompetisi

Mengantisipasi jadwal pertandingan yang seringkali berubah, Javier Roca selalu menyiapkan beragam materi di sesi latihan tim.

“Saya siapkan sisi latihan itu elemen semua ada. Jadi, kami tinggal ambil yang butuh di sisi mana, kami sudah pernah latihan,” beber mantan pelatih Persik Kediri.

“Yang lima aspek itu, kecepatan di setiap latihan ada, kekuatan juga ada cuma siapa yang lebih menonjol sesuai dengan lawan. Itu yang kami ukur,” sambungnya.

Pemain Renshi Yamaguchi mengontrol bola saat latihan rutin bersama Arema FC untuk persiapan putaran kedua Liga 1 2022-2023 di Stadion Gajayana Kota Malang, Sabtu (7/1/2023) pagi.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Renshi Yamaguchi mengontrol bola saat latihan rutin bersama Arema FC untuk persiapan putaran kedua Liga 1 2022-2023 di Stadion Gajayana Kota Malang, Sabtu (7/1/2023) pagi.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com