Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Javier Roca soal Jalan Terjal Arema FC pada Putaran Kedua Liga 1

Kompas.com - 18/01/2023, 04:20 WIB
Suci Rahayu,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perjalanan Arema FC menapaki putaran kedua Liga 1 2022-2023 disambut jalan terjal. Niat pemain dan tim pelatih menyelesaikan kompetisi dengan prestasi dihadapkan masalah yang cukup rumit.

Imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 korban jiwa, Arema FC tidak bisa melanjutkan kompetisi dengan tenang.

Mereka ditolak di mana-mana dan kehilangan dukungan dari suporternya sendiri.

Baca juga: Arema FC Ditolak Suporter dan Didesak Mundur dari Kompetisi

Semenjak terusir dari Kota Malang untuk menjalankan sanksi Komdis PSSI, Arema FC sudah berulang kali mengajukan lokasi kandang baru.

Namun keinginan tim berjulukan Singo Edan ini tak pernah terwujud. Mereka selalu mendapatkan penolakan dari komunitas suporter daerah.

Total sudah ada lima daerah yang menolak kehadiran Arema FC, mulai dari Bali, Magelang, Bantul, Semarang dan terakhir Boyolali.

Padahal yang terakhir Disporapar Boyolali sudah memberikan lampu hijau bagi Arema FC, namun aliansi suporter Boyolali menyuarakan penolakan.

Arema FC kehilangan dukungan dari suporternya sendiri, Aremania. Mereka mendesak Arema FC mundur kompetisi dan menolak segala kegiatan klub di area Malang Raya.

Penolakan tersebut merupakan puncak kekecewaan Aremania terhadap manajemen yang dirasa pasif dalam proses pengusutan tragedi Kanjuruhan.

Baca juga: BERITA FOTO- Untuk Pertama Kali, Aremania Kepung Kantor Arema FC

Manajemen hanya memberikan santunan namun tak ikut dalam perjuangan mencari keadilan bagi para korban.

Masalah ini ditanggapi dengan kepala dingin oleh pelatih Javier Roca. Ia irit berkomentar, namun memastikan hal tersebut tidak akan mempengaruhi tim.

“Tidak,” ujarnya singkat soal pengaruh penolakan terhadap tim.

Ia tak mau mencampuradukkan masalah manajerial klub dan tim serta memberikan memberikan batasan tegas dalam dua koridor tanggung jawab.

Pelatih Javier Roca sedang berdiskusi dengan pemain Johan Ahmad Farizi saat latihan rutin bersama Arema FC untuk persiapan putaran kedua Liga 1 2022-2023 di Stadion Gajayana Kota Malang, Sabtu (7/1/2023) pagi.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pelatih Javier Roca sedang berdiskusi dengan pemain Johan Ahmad Farizi saat latihan rutin bersama Arema FC untuk persiapan putaran kedua Liga 1 2022-2023 di Stadion Gajayana Kota Malang, Sabtu (7/1/2023) pagi.

Saat ini ia tak pernah menyinggung masalah penolakan dari suporter sekalipun sudah menjadi pembahasan umum di media sosial. Sebab, ini tak masuk koridor tim, tim hanya fokus pada prestasi.

“Tidak pernah kami bahas (di dalam tim),” ujar Pelatih asal Chile tersebut.

Berikutnya Arema FC akan menjalani laga away melawan PSIS Semarang di Stadion Jatidiri Semarang, Sabtu (21/1/2022) mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com