Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembubaran Timnas Indonesia: Ketum Minta Pemain Terus Berjuang, Fachruddin Minta Maaf

Kompas.com - 11/01/2023, 23:59 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Timnas Indonesia telah menuntaskan perjuangan di Piala AFF 2022. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun membubarkan tim yang berkumpul pertama kali di Bali mulai 28 November 2022 tersebut.

Acara pembubaran Timnas Indonesia yang berpartisipasi di Piala AFF 2022 berlangsung di sebuah hotel di Jakarta pada Rabu (11/1/2023).

Ketum PSSI Mochamad Iriawan dengan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri berkumpul bersama para pemain Garuda yang belum bergabung dengan klub mereka masing-masing.

Mereka yang hadir dalam acara itu adalah asisten pelatih timnas Indoensia, Nova Arianto, beserta kapten Fachruddin Aryanto, Nadeo Argawinata, Pratama Arhan, Egy Maulana Vikri, dan Edo Ferbriansah serta beberapa ofisial lain.

Baca juga: Jordi Amat: Saya Janji, Timnas Indonesia Akan Kembali Lebih Kuat!

Pada acara tersebut, Ketum yang akrab dipanggil Iwan Bule tersebut menyuntikkan semangat. Ia meminta para pemain timnas tak berkecil hati seusai kekalahan 0-2 melawan Vietnam di babak semifinal.

"Harus tetap semangat. Tidak apa-apa. Dalam sepak bola itu kalah menang biasa," ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com.

"Semua tentu ingin yang terbaik, tidak mungkin maunya kalah. Terus berjuang, kalian jangan kenal lelah."

"Jangan kalian down karena tidak berhasil dan media sosial menghajar kalian, biarkan saja."

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berbicara di acara pembubaran timnas Indonesia yang berpartisipasi di Piala AFF 2022 di sebuah hotel di Jakarta pada Rabu (11/1/2023).PSSI Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berbicara di acara pembubaran timnas Indonesia yang berpartisipasi di Piala AFF 2022 di sebuah hotel di Jakarta pada Rabu (11/1/2023).

Iwan Bule juga menambahkan bagaimana federasi telah memberikan yang terbaik agar para pemain beristirahat seenak mungkin dan berangkat senyaman mungkin sepanjang pagelaran Piala AFF.

Dirinya juga mengutarakan bakal melakukan evaluasi keseluruhan terkait hasil di Piala AFF.

Fasilitas-fasilitas yang diterima para pemain Timnas Indonesia di Piala AFF antara lain lapangan latihan berstandar FIFA di Bali, hotel bintang 5 di Jakarta, hingga fasilitas pesawat carter saat melakukan laga tandang ke Malaysia, Filipina dan Vietnam. 

Baca juga: Momen Pemain Timnas Indonesia di Pesawat Carter Menuju Kuala Lumpur

Iwan Bule juga berbicara sedikit mengenai masa depannya di PSSI. Dia mengaku belum tahu bakal maju lagi atau tidak dalam KLB yang akan berlangsung pada 16 Februari mendatang.

"Terakhir, dalam kongres nanti saya bisa maju atau bisa juga tidak untuk menjadi ketua umum PSSI. Jika saya tidak maju, kalian tetap anak saya," ucap Iwan Bule.

Kata Fachruddin Aryanto

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yon dan pemainnya Fachruddin Aryanto berfoto bersama setelah jumpa pers Jumat (23/9/2022) jelang pertandingan Indonesia vs Curacao. Laga pertama timnas Indonesia vs Curacao bakal berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan bisa disaksikan melalui live streaming pada Sabtu (24/9/2022) mulai pukul 20.00 WIB.KOMPAS.com/Adil Nursalam Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yon dan pemainnya Fachruddin Aryanto berfoto bersama setelah jumpa pers Jumat (23/9/2022) jelang pertandingan Indonesia vs Curacao. Laga pertama timnas Indonesia vs Curacao bakal berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan bisa disaksikan melalui live streaming pada Sabtu (24/9/2022) mulai pukul 20.00 WIB.

Pada kesempatan sama, kapten Timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto, pun mengucapkan permintaan maaf atas hasil kurang maksimal yang diraih para pemain di lapangan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com