Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor Pertemuan Persib Bandung Vs Persija Jakarta

Kompas.com - 11/01/2023, 13:40 WIB
Rafiandra Putra Andika,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Laga sarat gengsi akan tersaji di Liga 1 Indonesia 2022-23 yang akan mempertemukan dua tim dengan rivalitas klasik, Persib Bandung menjamu Persija Jakarta.

Duel Persib vs Persija akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung pada Rabu (11/1/2023) dengan jadwal kickoff pukul 15.30 WIB.

Partai ini merupakan laga tunda yang mulanya dijadwalkan pada 1 Oktober 2022, namun harus dijadwalkan ulang akibat dari Tragedi Kanjuruhan yang terjadi sehari sebelumnya.

Pertandingan yang kerap dilabeli El-Clasico Indonesia ini selalu menghadirkan laga panas dengan tensi tinggi setiap kedua tim bertemu.

Baca juga: Link Live Streaming Persib Vs Persija: Cara Nonton via HP, Laptop, dan TV Digital

Duel antara kedua tim ini akan menjadi pertemuan ke-44 antara Persib dan Persija sejak 1994-95.

Dalam 43 laga sebelumnya, Macan Kemayoran, julukan Persija, mendominasi hasil pertandingan.

Secara keseluruhan, tim asal ibukota itu berhasil menang 20 kali atas Persib, sementara Maung Bandung hanya bisa menang sembilan kali dan bermain imbang 14 kali.

Namun jika melihat lima pertemuan terakhir di Liga 1, Persib Bandung justru memiliki hasil lebih baik ketimbang Persija Jakarta.

Dua pertandingan terakhir dimenangkan Persib. Terbaru, Persib menang 2-0 atas Persija pada putaran kedua Liga 1 musim 2021-2022 lewat dua gol David Da Silva.

Baca juga: Prediksi Starting Line-up Persib vs Persija

Persib juga berhasil memenangkan pertandingan pertama kontra Persija di Liga 1 2021-2022, dengan skor tipis 1-0 pada laga yang digelar di tempat netral yaitu Stadion Manahan, Solo.

Dalam lima pertemuan terakhir antara kedua tim di ajang Liga 1, Persib berhasil memenangi empat laga, dan Persija hanya mampu menahan imbang satu kali yaitu pada 2019.

Pada 2021 lalu, Persija dan Persib bertemu dalam partai final turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021.

Dalam pertandingan yang dilakukan dengan format dua leg di tempat netral, Persija menang 2-0 di leg pertama dan 2-1 di leg kedua untuk menjadi juara dengan agregat 4-1 atas Persib.

Baca juga: Persib Bandung Vs Persija Jakarta, Macan Kemayoran Terancam Tanpa Thomas Doll

Laga Persib vs Persija yang akan digelar sore nanti dipastikan akan menjadi pertandingan sengit yang akan mempengaruhi posisi kedua tim di klasemen.

Persib Bandung bisa menembus posisi empat besar klasemen sementara Liga 1 dengan meraih kemenangan. Mereka sekarang berada di posisi keenam dengan raihan 30 poin, terpaut dua poin dari Persija.

Sementara itu, Persija Jakarta yang sekarang bertengger di posisi keempat, bisa memuncaki klasemen sementara jika meraih tiga poin. Mereka akan menggeser posisi PSM Makassar.

Jarak antara Persija dengan PSM yang berada di posisi puncak klasemen Liga 1 hanya terpaut dua poin saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com