Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala AFF 2022: Gol Cepat Kubur Asa Indonesia, Park Hang-seo Tak Terkalahkan

Kompas.com - 10/01/2023, 04:50 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas Indonesia menderita kekalahan dari Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023). 

Bertanding di markas Vietnam, Stadion Nasional My Dinh, timnas Indonesia takluk 0-2 akibat kebobolan gol Nguyen Tien Linh. 

Dua gol Nguyen Tien Linh yang mengantarkan Vietnam lolos ke final Piala AFF tercipta pada menit-menit awal babak pertama dan kedua. 

Nguyen Tien Linh berhasil membawa Vietnam unggul 1-0 saat pertandingan baru berjalan tiga menit. 

Baca juga: Vietnam Vs Indonesia: Garuda Terhenti, Shin Tae-yong Minta Maaf

Gol itu bermula dari umpan panjang Do Hung Dung. Bola sempat memantul sebelum Nguyen Tien Linh melepaskan tendangan yang sulit dihalau kiper Indonesia, Nadeo Argawinata. 

Adapun gol kedua Vietnam juga terjadi pada awal babak kedua, tepatnya menit ke-47. Kali ini, Nguyen Tien Linh merobek gawang Indonesia dengan tandukannya. 

Ia memenangi duel udara untuk menyambut bola hasil sepak pojok Do Hung Dung. 

Baca juga: STY Sebut Indonesia Selevel Vietnam, Park Hang-seo Minta Bukti

Kubur Mimpi Indonesia Juara Piala AFF 

Kekalahan dari Vietnam mengubur mimpi Shin Tae-yong untuk membawa timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF. 

Pada Desember 2022, Shin Tae-yong sempat mengungkapkan bahwa targetnya di Piala AFF adalah juara. Ia menilai sudah saatnya timnas Indonesia menjadi juara di Asia Tenggara. 

"Target saat ini adalah juara. Memang targetnya kali ini Indonesia harus menjadi juara sekarang," kata Shin Tae-yong, dikutip dari Antara News, Rabu (21/12/2022).

Sejak Piala AFF mulai bergulir pada 1996, timnas Indonesia sejatinya sudah enam kali merasakan atmosfer final. Namun, Indonesia selalu pulang dengan status runner-up. 

Terakhir kali timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF yaitu pada edisi 2020. Kala itu, Indonesia kalah agregat 2-6 (0-4, 2-2) dari Thailand dalam dua pertemuan di final. 

Rekor Park Hang-seo Vs Indonesia 

Kemenangan pada semifinal Piala AFF 2022 membawa pelatih Vietnam, Park Hang-seo, memperpanjang catatan tak terkalahkan saat melawan timnas Indonesia. 

Termasuk Piala AFF 2022, Park Hang-seo sudah delapan kali mendampingi Vietnam melawan Indonesia, baik di level senior maupun kelompok U23. 

Di level senior, Park Hang-seo mengantarkan Vietnam menang tiga kali. Rinciannya dua kali di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dan sekali di leg kedua semifinal Piala AFF 2022. 

Ia juga menemani Vietnam saat bermain imbang dengan timnas Indonesia di Piala AFF 2020 dan leg pertama semifinal Piala AFF 2022. 

Sementara di level U23, Park Hang-seo dua kali membawa Vietnam mengalahkan Indonesia di SEA Games 2019 dan satu kali di ajang yang sama pada edisi 2021. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com