Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vietnam Vs Indonesia: Garuda Terhenti, Shin Tae-yong Minta Maaf

Kompas.com - 09/01/2023, 22:18 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

Sumber Zing

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong meminta maaf setelah skuad Garuda tersingkir dari persaingan menuju gelar juara Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia tak bisa melanjutkan perjuangan ke partai puncak Piala AFF 2022 seusai takluk 0-2 pada semifinal leg kedua kontra Vietnam.

Laga Vietnam vs Indonesia dalam rangkaian leg kedua semifinal Piala AFF 2022 berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, pada Senin (9/1/2023) malam WIB.

Indonesia selaku tim tamu menelan kekalahan akibat sepasang gol yang dibukukan penyerang Vietnam, Nguyen Tien Linh, pada menit ke-3 dan ke-47.

Baca juga: Hasil Vietnam Vs Indonesia 2-0: Garuda Tak Lolos ke Final Piala AFF

Hasil tersebut sekaligus mengubur asa Indonesia untuk meraih gelar juara Piala AFF 2022.

Sementara itu, Vietnam berhak melanjutkan perjuangan ke final Piala AFF 2022 berkat keunggulan agregat 2-0 atas Indonesia.

Pesepak bola Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto (kedua kiri) bereaksi usai gagal membobol gawang Timnas Vietnam dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). Timnas Indonesia tak berhasil ke final setelah kalah dari Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.ADITYA PRADANA PUTRA Pesepak bola Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto (kedua kiri) bereaksi usai gagal membobol gawang Timnas Vietnam dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). Timnas Indonesia tak berhasil ke final setelah kalah dari Vietnam pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Sebelumnya, anak-anak asuh Park Hang-seo meraih hasil imbang 0-0 saat bertamu ke Indonesia pada leg pertama semifinal, Jumat (6/1/2023).

Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia meminta maaf setelah gagal membawa skuad Garuda ke final Piala AFF 2022.

Baca juga: Target Shin Tae-yong Tak Terwujud, Penantian Indonesia Juara Piala AFF Berlanjut

Dia merasa menyesal dengan kekalahan yang dialami Indonesia pada leg kedua kontra Vietnam.

Menurut Shin Tae-yong, masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memajukan sepak bola Indonesia.

"Masih banyak pekerjaan yang harus kita lakukan untuk memajukan sepak bola Indonesia. Karena hasil ini, saya merasa sangat menyesal dan ingin meminta maaf kepada para penggemar Indonesia," kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers, dikutip dari Zing News.

Dalam pernyataannya, Shin Tae-yong juga mengakui permainan apik Vietnam. Dia memuji kemampuan pasukan Park Hang-seo yang mampu menjaga clean sheet hingga mencapai final Piala AFF 2022.

Baca juga: VIDEO - Gol-gol Vietnam Vs Indonesia pada Leg 2 Semifinal Piala AFF 2022

Vietnam merupakan satu-satunya tim yang belum pernah kebobolan pada pergelaran Piala AFF 2022.

"Saya pikir Vietnam bermain bagus pada pertandingan malam ini. Saya mengucapkan selamat kepada mereka yang melaju (ke final) dan menjaga clean sheet," ujar Shin Tae-yong.

Kini, Vietnam harus menunggu hasil semifinal lain antara Malaysia dan Thailand untuk mengetahui lawan di partai puncak.

Adapun pemenang antara Malaysia dan Thailand akan ditentukan pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Thammasat, Selasa (10/1/2023) malam WIB.

Timnas Malaysia menyambut pertandingan tersebut dengan keunggulan agregat 1-0 atas Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Zing
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com