Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Portugal Resmi Tunjuk Roberto Martinez sebagai Pelatih

Kompas.com - 09/01/2023, 19:27 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Roberto Martinez resmi diumumkan sebagai pelatih baru timnas Portugal, mengisi kursi yang ditinggalkan Fernando Santos.

Federasi Sepak Bola Portugal akhirnya menemukan pengganti bagi Fernando Santos. Figur yang dimaksud bukanlah Jose Mourinho, tapi Roberto Martinez.

Pada Senin (9/1/2023) Roberto Martinez yang menukangi Belgia di Piala Dunia 2022, diperkenalkan sebagai pelatih Portugal.

"Pemimpin baru siap melayani, selamat datang Roberto Martinez," demikian keterangan yang diberikan FPF melalui media sosial resmi mereka di Twitter.

Roberto Martinez sebelumnya berstatus bebas kontrak usai dirinya mengakhiri pengabdian bersama timnas Belgia selepas Piala Dunia 2022.

Baca juga: Roberto Martinez Merapat ke Timnas Portugal Setelah Tinggalkan Belgia

Akhir petualangan sang pelatih asal Spanyol bareng Belgia terasa getir. Sebab, Belgia tersingkir dini dengan gagal melewati fase grup Piala Dunia 2022.

Belgia hanya menduduki peringkat tiga Grup F Piala Dunia 2022, di bawah Maroko dan Kroasia.

“Itu laga terakhir saya bersama timnas dan terasa emosional seperti yang Anda bayangkan,” ujar Martinez usai partai pamungkas Grup F Piala Dunia 2022 kontra Kroasia pada 1 Desember silam.

“Saya tidak mengundurkan diri, ini adalah akhir dari kontrak saya,” kata Martinez yang mengaku sudah merencanakan keputusan ini sebelum Piala Dunia 2022. 

Di sisi lain Portugal butuh pelatih baru setelah Fernando Santos, figur yang mempersembahkan trofi Euro 2016, juga mengundurkan diri selepas Piala Dunia 2022.

Santos meletakkan jabatannya usai Portugal ditekuk Maroko pada perempatfinal Piala Dunia 2022.

Kekalahan dari Maroko tersebut menjadi ujung dari delapan tahun pengabdian Santos bersama Selecao das Quinas, julukan timnas Portugal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com