Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Vs Vietnam, Shin Tae-yong Bicara soal Permainan Keras The Golden Star

Kompas.com - 05/01/2023, 17:20 WIB
Ahmad Zilky,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Juru racik timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan persiapan skuad Garuda untuk menghadapi permainan keras Vietnam.

Timnas Indonesia akan menjalani pertandingan melawan Vietnam dalam leg pertama semifinal Piala AFF 2022.

Laga timnas Indonesia vs Vietnam dalam jadwal Piala AFF 2022 digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (6/1/2023) sore WIB.

Para pemain timnas Indonesia harus waspada. Sebab, Vietnam terkenal mempunyai karakter permainan keras.

Baca juga: Indonesia Vs Vietnam, Klarifikasi STY soal Tak Ada yang Spesial dari Nirbobol The Golden Star

Walaupun demikian, Shin Tae-yong mengaku sudah mempersiapkan timnas Indonesia dengan baik, sehingga dapat mengantisipasi permainan keras Vietnam.

Situasi itu diungkapkan Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers menjelang pertandingan Indonesia vs Vietnam di semifinal Piala AFF 2022.

“Para fans dan wartawan mesti memikirkan hal satu ini. Sebelumnya, memang kita pernah melawan Vietnam, tetapi waktu itu kita tak terlalu baik dalam hal latihan, maksudnya waktu itu ada pandemi Covid juga,” ucap Shin Tae-yong.

“Namun, sekarang sudah tidak ada Covid lagi dan liga juga sudah bergulir dengan normal. Jadi, saya langsung ke lapangan untuk memilih pemain-pemain,” tambah dia.

Baca juga: Indonesia Vs Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022, Kata STY Soal Kans Nadeo Bermain

Vietnam memang kerap menjadi batu sandungan buat timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong.

Secara keseluruhan, timnas Indonesia sudah bersua Vietnam sebanyak tiga kali. Hasilnya, Garuda arahan Shin Tae-yong kalah dua kali dan imbang sekali.

Walaupun demikian, pelatih asal Korea Selatan itu menjelaskan bahwa timnas Indonesia sudah menjadi skuad yang sepenuhnya berbeda.

“Pastinya semua orang akan merasakan Indonesia bukan tim seperti sebelumnya. Walaupun kalah lawan Vietnam sebelumnya, tetapi waktu persiapan sangat pendek,” tutur dia.

“Selain itu, perkembangan sepak bola Indonesia pun semua pada berusaha mulai dari staf pelatih dan pemain. Ya, masa lalu adalah masa lalu,” tambahnya.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia Vs Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022

Juru taktik berusia 52 tahun itu lantas meminta dukungan dari suporter timnas Indonesia agar bisa meraih kemenangan atas Vietnam,

“Mohon dukungan dari suporter Indonesia agar kita bisa lebih bekerja maksimal dalam pertandingan besok,” ucapnya mengakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com