Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Fans Beri Penghormatan Terakhir kepada Pele

Kompas.com - 03/01/2023, 09:45 WIB
Rafiandra Putra Andika,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ribuan penggemar memadati Stadion Urbano Caldeira, Sao Paulo, Brasil untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mendiang Pele.

Jasad Pele disemayamkan di Stadion Urbano Caldeira, Sao Paulo, kandang dari klub tempat Sang Raja banyak mendedikasikan waktu dalam kariernya, Santos.

Warga Brasil diberikan kesempatan untuk memasuki stadion dan melihat peti tempat jasad Pele berbaring untuk terakhir kalinya.

Menurut laporan BBC, ribuan fans telah mengantri sejak malam hari sebelum stadion dibuka pada Senin (2/1/2023) pagi waktu setempat untuk bisa melihat peti Pele.

Baca juga: Presiden FIFA Ingin Setiap Negara Punya Satu Stadion dengan Nama Pele

Mantan gelandang internasional Brasil, Ze Roberto, dan anak laki-laki Pele, Edinho, membantu untuk membawa peti mati Pele ke dalam stadion.

Selain itu, ada juga karangan bunga yang dikirimkan oleh para pemain timnas Brasil, seperti Neymar dan Vinicius Junior serta dari klub Real Madrid.

Wilson Genio merupakan salah satu warga Brasil yang ikut mengantri semalaman bersama anak laki-lakinya untuk memberikan penghormatan kepada Pele.

"Kami telah mengikutinya sepanjang jalan. Kami berada di sini sejak 3:30 pagi (waktu Brasil)," ujar Genio, dikutip dari BBC.

Baca juga: Cinta Liga Inggris untuk Pele: Kuning Brasil di Antara Hitam-Putih Newcastle

Bagi Genio, tidak akan ada lagi sosok yang bisa menyamai, bahkan menggantikan seorang raja sepak bola seperti Pele di masa depan.

"Kita bisa menjalani 1.000, 2.000 tahun lagi dan tidak akan ada yang seperti Pele. Dia adalah satu-satunya legenda," kata Genio menambahkan.

Sejumlah warga yang datang ke stadion menggunakan seragam hitam putih bergaris milik klub Santos FC, atau seragam kuning kebanggaan timnas Brasil.

Dari dalam stadion, suara Pele bisa terdengar jelas lewat lagunya yang ia rilis pada 2006 berjudul "Meu Legado" yang berarti "Warisan Saya".

Baca juga: Pele, Raja Gol yang Punya Hasrat Terpendam Jadi Kiper

Pele meninggal pada 29 Desember 2022 lalu dalam usia 82 tahun, setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Brasil.

Juara tiga kali Piala Dunia tersebut sudah menjalani perawatan akibat kanker usus besar yang sudah ia derita sejak tahun 2021 lalu.

Jenazah Pele akan dipindahkan dari Stadion Urbano Caldeira melewati jalanan di Santos menuju ke tempat pemakaman pribadi keluarga Pele pada Selasa (3/1/2023) waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com