Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duka Kepergian Pele di Mata Asisten Pelatih Borneo FC

Kompas.com - 31/12/2022, 11:25 WIB
Suci Rahayu,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepergian sang legenda sepak bola dunia asal Brasil, Pele masih menyisakan rasa duka mendalam terutama bagi masyarakat Brasil.

Sosoknya selama ini dielu-elukan bukan hanya sebagai legenda sepak bola negeri Samba namun juga "dewa" bagi masyarakat Brasil.

Tak dapat dipungkiri, kisah Pele menjadi inspirasi bagi anak muda di Brasil untuk menekuni dunia si kulit bundar. Salah satunya adalah asisten pelatih Borneo FC, Demerson Bruno Costa.

Ia pun mengaku terpukul mendengar kabar Pele meninggal dunia pada hari Kamis (29/12/2022) lalu.

“Sangat sedih bangsa Brasil menerima berita kematian Raja Pele. Raja yang memerintah tanpa mahkota tetapi dengan sepatu boot di kakinya dan jersey Brasil di dadanya,” tutur mantan pemain Bali United itu kepada Kompas.com.

“Menyaksikan kisah Pele merupakan sumber kebanggaan dan keistimewaan luar biasa,” imbuhnya.

Baca juga: Pele, Sosoknya Menginspirasi, Namanya Abadi

Demerson Bruno Costa mengakui sosok Pele memang begitu penting bagi.

Berkat sepak bola indah yang Pele dan angkatannya mainkan, nama Brasil begitu harum di seluruh dunia dengan ciri khas permainan ala Jogo Bonito.

Pemain Persela Lamongan Demerson Costa (tengah) saat pertandingan pekan 22 Liga 1 2021-2022 melawan Arema FC yang berakhir dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa (1/2/2022) malam.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Persela Lamongan Demerson Costa (tengah) saat pertandingan pekan 22 Liga 1 2021-2022 melawan Arema FC yang berakhir dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa (1/2/2022) malam.

Selain itu, legenda yang banyak menghabiskan karier sepak bolanya bersama klub Brasil, Santos, itu menjadi sumber inspirasi bagi anak-anak muda di Brasil untuk mengikuti jejaknya berkarier dan berprestasi di dunia sepak bola.

Talenta-talenta luar biasa Brasil seperti seperti Romario, Ronaldo Nazario, Rivaldo, Kaka, Roberto Carlos, Ronaldinho, hingga Neymar bisa ditelusuri kecintaannya terhadap sepak bola bermula dari sosok yang terinspirasi oleh Pele.

Baca juga: Teco Gambarkan Duka Brasil Atas Meninggalnya Pele

“Dia (Pele) melakukannya, dia membawakan kami banyak trofi dan yang terpenting dia mengubah sepak bola di Brasil selamanya. Pele meninggalkan warisannya untuk mengajar setiap pemain sepak bola di Brasil,” ungkapnya.

Meski banyak legenda sepak bola hebat lainnya, bagi Demerson Bruno Costa, sosok Pele merupakan figur luar biasa baik di dalam maupun di luar lapangan.

Segalanya telah diberikan Pele kepada Brasil, bukan hanya trofi namun juga pemikirannya tentang sepak bola Brasil yang lebih maju.

“Banyak pemain berbakat melakukan hal-hal hebat dalam karier individu mereka tetapi Pele lebih dari itu,” ucap pemain berusia 36 tahun itu.

“Dia luar biasa dan melangkah lebih jauh dengan fokus memenangkan kemuliaan untuk negara kita untuk Brasil,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com