Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2022, 09:09 WIB
|

KOMPAS.com - Reaksi mengalir dari seluruh dunia atas meninggalnya legenda sepak bola asal Brasil, Pele.

Pele meninggal dunia pada Kamis (29/12/2022) atau Jumat (30/12/2022) dini hari WIB di Rumah Sakit di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, dalam usia 82 tahun.

Sebelumnya, pemilik nama lengkap Edson Arantes do Nascimento tersebut telah menjalani perawatan dalam beberapa pekan terakhir untuk berjuang sembuh dari kanker usus yang dideritanya sejak 2021.

Meninggalnya Pele menjadi kabar duka mendalam bagi dunia, tak hanya untuk pelaku sepak bola semata, tetapi juga dunia.

Keanggunan, keatletisan, dan gerakan ajaib Pele yang memukau akan menjadi warisan abadi bagi dunia olahraga, khususnya sepak bola.

Baca juga: Pele Meninggal Dunia: Raja Abadi, Inspirasi, Perang Pun Terhenti…

Berikut Kompas.com rangkum reaksi dunia atau ucapan belasungkawa terkait berpulangnya Pele, satu-satunya pemain yang bisa meraih tiga trofi Piala Dunia saat membela Brasil, yakni pada 1958, 1962, dan 1970.

Rangkuman dunia, dari bintang sepak bola hingga presiden, melepas sang legenda King of Football, Raja Sepak Bola, Pele, dalam keabadian...

Legenda Brasil Pele ditampilkan di spanduk besar dekat kerumunan penonton saat pertandingan Grup G Piala Dunia 2022 Kamerun vs Brasil di Stadion Lusail, Qatar, 2 Desember 2022. Pele tengah menjalani perawatan di RS di Sao Paolo karena masalah pernapasan.AFP/JEWEL SAMAD Legenda Brasil Pele ditampilkan di spanduk besar dekat kerumunan penonton saat pertandingan Grup G Piala Dunia 2022 Kamerun vs Brasil di Stadion Lusail, Qatar, 2 Desember 2022. Pele tengah menjalani perawatan di RS di Sao Paolo karena masalah pernapasan.

"Pele inspirasi bagi jutaan orang, referensi kemarin, hari ini, selamanya. Kasih sayang selalu dia tunjukkan di setiap momen yang kami bagikan, bahkan dalam jarak jauh. Dia tidak akan pernah dilupakan. Beristirahatlah dengan tenang, Raja Pele." — Cristiano Ronaldo, bintang sepak bola Portugal.

"Tempatmu ada di sisi Tuhan. Rajaku yang abadi. Istirahat dengan damai." — Pemenang Piala Dunia 1970 dan rekan setim Pele di tim nasional Brasil, Roberto Rivellino. 

"Sebelum Pele, '10' hanyalah sebuah angka. Saya akan mengatakan bahwa sebelumnya sepak bola hanyalah sebuah olahraga. Pele mengubah segalanya. Dia mengubah sepak bola menjadi seni, hiburan."

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+