Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messi Melampaui Maradona dan Hadiah dari Dewa Sepak Bola

Kompas.com - 19/12/2022, 14:20 WIB
Jason Timothy Yudha ,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Legenda timnas Inggris, Gary Lineker, mengatakan bahwa Lionel Messi telah melampaui pendahulunya, Diego Maradona, usai meraih gelar juara Piala Dunia 2022.

Argentina menyegel trofi tersebut setelah menang adu penalti melawan sang juara bertahan, Perancis.

Duel akbar Argentina vs Perancis di final Piala Dunia 2022 berlangsung di Stadion Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB. 

La Albiceleste, julukan timnas Argentina, harus melewati perjuangan tidak mudah untuk menjuarai Piala Dunia 2022. Lionel Messi dkk mesti berjuang hingga babak adu penalti. 

Argentina menang 4-2 atas Perancis di babak adu penalti seusai skor imbang 3-3 di waktu normal dan extra time atau perpanjangan waktu.

Baca juga: Argentina Juara Piala Dunia 2022, Emi Martinez: Kami Harus Menderita Dulu

La Pulga, julukan Messi, mencetak dua gol pada pertandingan final kontra Perancis.

Dirinya telah resmi menjadi pemain tersubur di timnas Argentina pada ajang Piala Dunia. Messi mengoleksi 13 gol dalam lima kali partisipasinya di Piala Dunia.

Pencapaian Messi dalam memenangkan gelar Piala Dunia 2022, membuat Gary Lineker menyebut La Pulga telah melampaui pendahulunya, Diego Maradona. 

Maradona terkenal membawa Argentina meraih gelar juara Piala Dunia 1986.

Baca juga: Pele Usai Argentina Juara Piala Dunia 2022: Diego Maradona Pasti Tersenyum...

“Saya tidak pernah berpikir bahwa akan melihat pemain yang lebih baik dari Diego Maradona dan sedikit tidak adil membandingkan mereka karena kedua bintang tersebut bermain pada waktu yang berbeda,” kata Lineker kepada BBC, dilansir dari The Independent. 

“Namun, saya pikir Messi melakukannya melalui apa yang dia capai sekarang," ucap legenda timnas Inggris tersebut.

“Diego melakukannya selama tujuh, delapan, sembilan, bahkan mungkin sepuluh tahun, meskipun permainannya sangat mirip, tetapi Messi telah melakukan hal tersebut selama hampir dua dekade. Selain itu, ditambah juga dengan raihan tujuh Ballon d'Or miliknya," tutur Gary Lineker.

"Dia melakukan keduanya pada usia pertengahan 30-an, dua trofi yang menakjubkan, yaitu Copa America dan Piala Dunia,” sambungnya.

Baca juga: Lionel Messi, Jersey Bintang 3 Argentina, dan Ambisi Usai Juara Piala Dunia 2022

Gary Lineker juga menyebutkan bahwa sebuah kehormatan besar menyaksikan Lionel Messi selama hampir dua dekade terakhir ini.

Dirinya mengungkapkan, Lionel Messi merupakan hadiah dari dewa sepak bola.

"Merupakan hal istimewa menonton Lionel Messi selama hampir dua dekade terakhir. Momen demi momen sepak bola yang menakjubkan dan menggembirakan," tulis Lineker di akun Twitter pribadinya.

"Dia adalah hadiah dari dewa sepak bola. Sangat senang melihat dia mengangkat hadiah utama dalam olahraga kita," lanjutnya.

Messi telah mengumpulkan 98 gol dari 172 penampilan bersama timnas Argentina sejak melakukan debutnya di Agustus 2005 lalu.

Selain mengangkat trofi Piala Dunia, Messi juga meraih penghargaan Golden Ball atau Bola Emas di Qatar, yang diberikan kepada Pemain Terbaik turnamen tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com