Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bisht, Jubah Kain Lionel Messi Saat Angkat Trofi Piala Dunia

Kompas.com - 19/12/2022, 08:31 WIB
Rafiandra Putra Andika,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber AS

KOMPAS.com - Lionel Messi akhirnya bisa mengangkat trofi Piala Dunia yang ia idam-idamkan selama ini. Messi mencatatkan namanya di buku sejarah sepak bola sebagai yang terbaik.

Saat merayakan gelar Piala Dunia 2022 di podium juara, Messi terlihat mengangkat trofi dengan mengenakan jubah kain di badannya. Kain apakah yang dipakai oleh Messi itu?

Sebelumnya, Messi dan timnas Argentina berhasil mengatasi perlawanan Perancis lewat adu penalti 4-2 setelah bermain imbang 3-3 selama 120 menit di final Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail pada Minggu (18/12/2022) malam WIB.

Sesaat sebelum mengangkat trofi ke podium, Messi menerima sebuah jubah kain berwarna hitam dan emas dari Emir negara Qatar, Tamim bin Hamad Al Thani.

Baca juga: Lionel Messi, Jersey Bintang 3 Argentina, dan Ambisi Usai Juara Piala Dunia 2022

Kain tersebut biasa dikenal dengan nama "bisht," sebuah jubah yang lebih sering dipakai oleh Emir dan juga menteri serta orang penting di Qatar ketika ada hari besar nasional.

Final Piala Dunia 2022 menjadi hari besar yang dirayakan oleh seluruh warga Qatar lantaran menjadi penutup dari Piala Dunia pertama yang diadakan di Timur Tengah tersebut.

Jubah ini juga biasa dipakai oleh keluarga di Qatar untuk acara-acara spesial, biasanya seorang ayah memakaikan bisht kepada anaknya untuk merayakan pernikahan.

Dengan pemberian kain bisht kepada Messi, seolah menandakan bahwa pemain berjuluk La Pulga tersebut sudah menjadi seorang legenda dengan kehormatan tertinggi setelah meraih trofi Piala Dunia.

Baca juga: Messi: Si Kutu yang Menyihir

Laga final Piala Dunia 2022 berjalan sengit. Argentina berhasil unggul terlebih dahulu lewat gol dari Messi lewat titik putih dan Angel Di Maria memanfaatkan serangan balik.

Argentina terlihat mendominasi jalannya pertandingan, sebelum akhirnya pada menit 80, Kylian Mbappe mengonversi penalti menjadi gol dan menyamakan kedudukan satu menit setelahnya.

Pada babak perpanjangan waktu, Messi mencetak gol keduanya untuk kembali memimpin atas Perancis, namun bisa dibalas lewat penalti Mbappe di menit 118 untuk mencetak hat-trick.

Pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti. Kiper Argentina Emiliano Martinez menjadi pahlawan dengan menghalau tendangan Kingsley Coman, sementara eksekusi Aurelien Tchouameni melebar.

Baca juga: Dominasi ala Messi di Piala Dunia 2022: Borong Gelar Individu, Antar Argentina Juara

Pada akhirnya, Piala Dunia 2022 di Qatar merupakan momen untuk menobatkan seorang Lionel Messi sebagai salah satu yang terbaik, dengan meraih trofi yang belum pernah ia angkat sebelumnya.

Gelar individu di Piala Dunia 2022 juga didominasi oleh pemain Argentina. Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik dan mendapatkan trofi Bola Emas Piala Dunia 2022.

Sementara itu ada dua pemain Argentina lainnya, yaitu Emiliano Martinez terpilih menjadi kiper terbaik dan Enzo Fernandez menjadi pemain muda terbaik Piala Dunia 2022.

Kylian Mbappe walaupun tidak bisa meraih gelar juara Piala Dunia keduanya, ia menjadi pencetak gol terbanyak dan meraih piala Sepatu Emas dengan mencetak 8 gol sepanjang turnamen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AS


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com