Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaya Vs Persik, Aji Sebut Kemenangan Bajul Ijo Dirampok Wasit

Kompas.com - 14/12/2022, 09:00 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pelatih Persebaya Aji Santoso mengungkapkan kekesalannya terhadap kinerja wasit yang memimpin laga pekan ke-14 Liga 1 2022-2023 antara Persebaya Surabaya vs Persik Kediri.

Ia menilai wasit yang memimpin laga, Ginanjar Rahman Latif, kurang fair dalam memimpin pertandingan yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (13/12/2022) sore.

Kemenangan tim yang sudah di depan mata seolah dirampok oleh keputusannya selaku pengadil lapangan.

"Satu hal yang bisa saya sampaikan, tim kami hampir menuju kemenangan, tetapi dirampok sama wasit," ujarnya.

Baca juga: Hasil dan Klasemen Liga 1: Persebaya Vs Persik Imbang, Persija Tumbang

Protes itu berawal pada menit ke-90+2 saat Ahmad Nufiandani dijatuhkan oleh kiper Persik Kediri, Dikri Yusron, di kotak penalti. Namun, wasit tidak memberikan hadiah penalti.

Demi menghindari dugaan mengambinghitamkan wasit atas hasil imbang, Aji Santoso sampai menunjukkan bukti rekaman pertandingan saat melakukan konferensi pers seusai pertandingan.

Bukti rekaman pertandingan tersebut penting untuk menilai kinerja wasit yang tidak maksimal maksimal.

"Saya mengatakan yang sebenarnya, memang jujur itu pahit. Ini buktinya semua yang ada di sini (pressroom) bisa melihat," katanya sambil menunjukkan rekaman berbentuk video.

Baca juga: Hasil Liga 1 Persebaya Vs Persik Kediri: Drama Penalti dan Kartu Merah, Skor 1-1

Aji Santoso menegaskan bahwa tim dengan gentle menerima keputusan wasit saat dihukum penalti di menit ke-10 maupun saat bek Dandy Maulana diganjar hukuman kartu kuning kedua.

"Saya sangat fair, kalau salah, hukum, tidak apa-apa. Saya kena penalti tidak apa-apa, tetapi ini saya tidak mau berkomentar (kinerja wasit), silakan kalian nilai sendiri, itu penalti atau tidak," ungkap Pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Menurutnya, Persebaya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dari sekadar hasil imbang 1-1. Penentunya ada di keputusan wasit pada akhir pertandingan.

Sebelumnya, Persik memang sempat unggul lebih dulu pada menit ke-10 melalui tendangan penalti. Persebaya baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-61 melalui tendangan Sho Yamamoto.

Wasit Ginanjar Rahman Latief yang memimpin pertandingan pekan ke-14 Liga 1 2022-2023 antara Persebaya Surabaya melawan Persik kediri yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Selasa (13/12/2022) sore.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Wasit Ginanjar Rahman Latief yang memimpin pertandingan pekan ke-14 Liga 1 2022-2023 antara Persebaya Surabaya melawan Persik kediri yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Selasa (13/12/2022) sore.

"Saya pikir hasilnya kemungkinan akan berbeda. Kami sekali lagi mendapatkan peluang pada menit-menit akhir, tetapi mungkin wasitnya tidak lihat atau bagaimana," ucap Aji Santoso.

Tambahan satu poin membuat Persebaya belum beranjak dari peringkat ke-10 di klasemen sementara Liga 1 2022-2023 dengan koleksi 17 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com