Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia 2022: Jangan Remehkan Maroko, Les Bleus

Kompas.com - 13/12/2022, 12:00 WIB
Muhamad Syahrial

Editor

Sumber Goal

KOMPAS.com - Bek Perancis, Raphael Varane, memuji Maroko yang berhasil melaju hingga babak semifinal Piala Dunia 2022.

Dia pun meminta kepada Timnas Perancis untuk tidak meremehkan kekuatan pasukan Singa Atlas jelang laga yang akan digelar di Stadion Al Bayt, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Pasalnya, sejumlah tim yang diunggulkan sejak awal turnamen justru gugur karena masuk ke pertandingan dengan mentalitas yang salah.

"Kami memiliki pengalaman yang cukup untuk menghindari jatuh ke dalam perangkap ini (terlalu percaya diri). Mereka (Maroko) telah mencapai tahap itu (semifinal Piala Dunia 2022) karena suatu alasan," kata Varane, dikutip dari Goal, Selasa (13/12/2022).

Baca juga: Alasan Achraf Hakimi Pilih Timnas Maroko Dibanding Spanyol

"Mereka bertahan dengan sangat baik, itu akan sangat menyulitkan kami," imbuhnya.

Varane mengatakan, dengan capaian yang diraih Maroko sejauh ini dan catatan sejarah yang telah mereka bukukan justru akan membuat tim Singa Atlas sangat percaya diri jelang pertandingan semifinal.

"Ini adalah semifinal Piala Dunia, Anda harus memberikan segalanya sampai akhir jika Anda ingin mendapatkan tempat di final," ujar Varane.

"Mereka menulis sejarah sepak bola Maroko, mereka memiliki kekuatan kolektif dengan penampilan yang memberi mereka banyak kepercayaan diri," tandasnya.

Varane kemungkinan besar akan bermain sejak menit awal pada pertandingan Perancis vs Maroko, namun belum bisa dipastikan sosok yang akan menemani bek Manchester United itu di lini pertahanan Perancis.

Baca juga: Perancis Vs Maroko: Kisah Hakimi dan Mbappe, Pertarungan 2 Kawan

Kejutan Maroko berlanjut?

Para pemain Maroko merayakan bersama pendukung setelah memenangi pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 Qatar antara Maroko vs Portugal di Stadion Al-Thumama di Doha pada Sabtu 10 Desember 2022.AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV Para pemain Maroko merayakan bersama pendukung setelah memenangi pertandingan perempat final Piala Dunia 2022 Qatar antara Maroko vs Portugal di Stadion Al-Thumama di Doha pada Sabtu 10 Desember 2022.

Piala Dunia 2022 Qatar menghadirkan banyak kejutan. Tim-tim yang tidak diunggulkan berhasil menumbangkan sejumlah raksasa sepak bola dunia.

Jepang sukses mengalahkan Jerman dan Spanyol, Maroko memulangkan Spanyol dan Portugal, kemudian Kroasia memaksa Brasil kembali mengubur mimpinya mengangkat trofi Piala Dunia.

Perancis memang menjadi favorit untuk kembali menjuarai ajang Piala Dunia sekaligus melepas "kutukan juara bertahan" yang telah bertahan selama 60 tahun.

Akan tetapi, Maroko bisa jadi ujian sesungguhnya bagi Perancis.

Tim Singa Atlas belum kalah sekali pun di turnamen kali ini, gawang mereka juga baru sekali kebobolan, itu pun oleh gol bunuh diri Nayef Aguerd ketika Hakimi Cs berhasil menaklukkan Kanada dengan skor 2-1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Goal
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com